Monday, 23 July, 2018 - 19:38

Jelang Ramadan, Nasabah Pegadaian Diprediksi Naik

Agus Tokhid. (Foto: DOk Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Masyarakat di Kota Palu mulai mencari modal dan biaya tambahan menjelang Ramadan. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya nasabah gadai di Pegadaian beberapa hari terakhir, khususnya menjelang Ramadan. Kondisi layanan Pegadaian mulai mengalami peningkatan.

“Hal ini seiring dengan peningkatan kebutuhan dana  masyarakat khususnya para pedagang dan pelaku UKM yang bersiap mengantisipasi trend kenaikan dagangannya jelang Ramadan, seperti toko pakaian jadi , toko perlengkapan rumah tangga, warung makan dan takjil yang menyiapkan makanan untuk berbuka, kebutuhan pembiayaan untuk pembelian kendaraan bermotor, serta kebutuhan dana untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya,” ungkap Deputy Bisnis Pegadaian Area Palu Agus Tokhid, Senin 14 Mei 2018.

Dia menambahkan, jelang Ramadan banyak usaha-usaha kecil musiman yang memanfaatkan jasa kredit Pegadaian untuk membiayai kegiatan usahanya dengan alasan cepat dan mudah prosesnya.
 
Oleh karenanya menjelang Ramadhan ini ada trend kenaikan kredit, baik kredit gadai maupun kredit mikro di Pegadaian. Meskipun begitu, jumlah kenaikannya belum signifikan hanya di kisaran 1 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya.
 
“Diperkirakan kenaikan trend permintaan pinjaman ini akan berlangsung hingga minggu ketiga bulan Ramadan nanti,” ujar Agus Tokhid memprediksi.

Mengantisipasi lonjakan permintaan pelayanan nasabah jelang Ramadhan ini, Pegadaian juga sudah mengantisipasi dengan kesiapan pelayanan frontliner dan kesiapan kecukupan modal kerja di seluruh outlet.

“Khusus Selama Ramadhan ini Pegadaian juga menyediakan berbagai program promo khusus seperti cashback pembiayaan kendaraan bermotor , cashback pembiayaan emas mulia , hadiah langsung Ramadhan dan voucher gratis tabungan emas  bagi nasabah Pegadaian,” jelasnya.

Saat ini Pegadaian juga menyediakan Layanan Gadai Prima yaitu layanan gadai tanpa bunga (0 persen) yang diperuntukkan bagi usaha kecil, usaha pemula termasuk usaha makanan musiman Ramadhan (makanan/tajil )  dan nasabah golongan ekonomi tertentu yang membutuhkan dana dengan besaran pinjaman hingga Rp500 ribu, dengan jangka waktu kredit hingga 60 hari.

“Jadi masyarakat tidak perlu khawatir untuk mencukupi kebutuhan dananya baik untuk pengembangan usaha maupun kebutuhan lainnya, Pegadaian siap melayani,” tandasnya.


Editor: Pataruddin