Monday, 29 May, 2017 - 00:30

Job Fair Disnakertrans Sulteng Sepi, Hanya Diikuti 26 Perusahaan

STAND KOSONG - Salah satu stand yang disiapkan panitia di lokasi job fair di Palu Grand Mall tidak diisi oleh perusahaan. (Foto : Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Hari pertama pembukaan bursa kerja (Job fair) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulteng hanya diikuti 26 perusahaan. Padahal sebelumnya Kepala Disnakertrans Abd Razak mengatakan kegiatan tersebut akan diikuti 33 perusahaan dengan memamerkan sekitar 2.000 lowongan kerja selama dua hari, Rabu-Kamis, 24-25 Agustus 2016.

Kepala Seksi Perencanaan Ketenagakerjaan Daerah Disnakertrans Sulteng Nurhaida mengungkapkan belum mengetahui pasti penyebab tujuh perusahaan lainnya tidak hadir di Job Fair. Padahal kata dia, pada rapat bersama 33 perusahaan yang dilibatkan dalam Job Fair telah memastikan akan mengikuti kegiatan.

"Cuma tadi ada info ke saya salah satu perusahaan dari Morowali yang akan ikut job fair ini membatalkan secara tiba-tiba. Belum tahu pasti apa kendalanya, mungkin ada masalah internal mereka," ujar Nurhaida saat ditemui di lokasi Job fair di Lantai II Palu Grand Mall Rabu siang, 24 Agustus 2016.

Ditambahkan Nurhaida, pihaknya akan terus berupaya menghubungi perusahaan yang belum hadir.

Pantauan Metrosulawesi, tampak beberapa stand terlihat kosong melompong tanpa ada aktivitas. Sementara sebelumnya, berdasarkan informasi yang disampaikan Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Sulteng, Ihsan Basir biaya untuk sewa lokasi Job fair dengan total 35 stand mencapai Rp20 juta per hari.

Sementara itu, dari data yang teregistrasi pihak panitia, sejak Job fair dibuka pukul 11.00 Wita hingga pukul 14.00 Wita pengunjung sebanyak 338 orang, terdiri dari 193 perempuan dan sisanya 145 laki-laki.

Adapun perusahaan yang telah hadir didominasi dari perusahaan perhotelan, asuransi dan pembiayaan.
Pejabat Fungsional Pengantar Kerja Disnakertrans Jangkara Sinambu yang juga panitia pelaksana Job Fair menjelaskan sebagian besar dari pengunjung baru hanya sebatas mencari informasi bagi yang ingin mendaftarkan diri melalui Job fair.

"Kita berharap masyarakat semakin banyak yang datang ke Job fair ini," ucapnya.


Editor : Udin Salim

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.