Monday, 29 May, 2017 - 00:32

Job Fair Disnakertrans Sulteng Serap 2000 Pencari Kerja

Ihsan Basir. (Foto : Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulteng Ihsan Basir mengungkapkan Job fair (bursa kerja) yang telah dilaksanakan selama dua hari, 24-25 Agustus 2016 di PGM Palu berhasil menyerap 2000-an pencari kerja.

"Saat ini kami sedang melakukan verifikasi data-data mereka termasuk kelengkapan dokumen yang mereka miliki," ujar Ihsan Basir, Senin 29 Agustus 2016.

Kata dia, pihak perusahaan yang akan merekrut para pencari kerja itu membutuhkan proses waktu dua hingga tiga bulan sampai akhirnya diputuskan akan dipekerjakan.

"Memang sekarang mereka statusnya berkas telah diterima perusahaan, tapi akan ada lagi seleksi dari manajemen perusahaan. Disinilah kita khawatirkan banyak SDM pencari kerja kita tidak memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan," katanya.

Adapun perusahaan yang merekrut pencari kerja terbanyak berasal dari pusat perbelanjaan, asuransi dan perhotelan.

"Seperti Alfamidi cukup banyak menerima berkas pencari kerja, termasuk Palu Grand Mall," ucap Ihsan.

Menurutnya, apabila 2000-an pencari kerja itu bisa diterima perusahaan, maka akan mengurangi jumlah pengangguran di Sulawesi Tengah yang saat ini mencapai 51.697 orang.

"Meskipun hanya diikuti 27 perusahaan sampai hari terakhir tapi sudah cukup membatu kami mengurangi angka pengangguran kita. Kita berencana kegiatan yang sama akan digelar tahun depan. Kami akan memasukkan anggarannya ke APBD," jelas dia.


Editor : M Yusuf BJ

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.