Friday, 24 November, 2017 - 17:41

Jokowi Ingin Menteri Lepas dari Parpol, NasDem: Kita Siap!

Sekjen Partai NasDem, Patrice Rio Capella. (Foto : partainasdem.org)

Jakarta, Metrosulteng.com - Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan keinginan pribadinya yaitu politisi yang ingin menjadi menteri harus lepas dari parpolnya. Partai NasDem pun menyambut hangat keinginan presiden ketujuh Indonesia itu.

"Itu ide yang bagus. Artinya ada nuansa dan suasana baru sehingga nanti diharapkan para menteri kabinet Pak Jokowi bekerja full untuk bangsa dan negara ini," kata Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella saat dihubungi detikcom, Minggu (10/8/2014).

Menurut Rio, keinginan Jokowi itu jika terwujud maka akan menghasilkan kabinet yang hanya memiliki loyalitas ke rakyat saja. Partai NasDem pun, bagi Rio, bersikap mendukung keinginan Jokowi itu.

"Kita siap. Iya dong, karena itu harus. Ini juga kebijakan partai, mundur pada jabatan strategis jika ditunjuk jadi menteri. Kalau anggota dewan pertimbangan tidak perlu, karena dia tidak konsen penuh di partai," ujar Rio.

Politisi asal Bengkulu ini menilai keinginan Jokowi itu juga merepresentasikan keinginan rakyat Indonesia memiliki menteri yang mengabdi kepada negara, bukan parpol. Sehingga, pembangunan dapat optimal ke depannya.

"(Keinginan Jokowi itu) Sesuatu yang wajar karena selama ini kita saksikan menteri yang tak lepas dari parpol menggunakan fasilitas negara untuk partai tanpa disengaja. Ketika dia ke daerah bertemu pengurus partai," ujar Rio.

Ia menyatakan, jika menteri tetap menjabat sebagai pengurus parpol, bisa memicu konflik kepentingan. Rio juga menilai, menteri yang juga aktif di parpol bisa menimbulkan kesan kementerian yang dipimpinnya menjadi alat parpol.

"Konflik interest itu kalau dia jadi ketua umum urusi partainya, rapat partai, ada kesan kementerian dikuasai parpol tertentu. Jajarannya, dengan meletakan petugasnya dari parpol, itu kurang pas juga. Jadi memang harus full membantu presiden. Kita apresiasi keinginan Pak Jokowi," tutup Rio.

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.