Wednesday, 20 June, 2018 - 17:23

Jurusan Pariwisata Dipindahkan ke SMKN 1 Palu

Kasman. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Terjadi perubahan sedikit pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 dari tahun sebelumnya, terkait jurusan Pariwisata yang diselenggarakan oleh Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Palu.

Pada PPDB tahun ini, jurusan tersebut dipindahkan ke SMKN 1 Palu. Sehingga, SMKN 2 Palu tidak lagi membuka pendaftaran jurusan pariwisata.

Kepala SMKN 2 Palu, Kasman, mengaku jurusan tersebut bukan ditutup melainkan dipindahkan ke SMKN 1 Palu.
 
“Jika ditutup berarti siswa kelas dua dan tiga yang sekarang ini masih ada di SMKN 2 Palu juga diberhentikan. Olehnya, siswa yang ada kelas dua dan tiga jurusan pariwisata yang ada sekarang merupakan rombongan belajar yang terakhir pada jurusan pariwisata di SMKN 2 Palu,” ujarnya Rabu, 6 Juni 2018.

Kata dia, ini merupakan kebijakan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam memajukan SMK.

“Olehnya, SMKN di Sulawesi Tengah dan Kota Palu pada khususnya lebih diharapkan fokus pada pengembangan jurusan yang sesuai dengan basic sekolahnnya sesuai dengan pemetaan,” jelasnya.

Sebelumnya, kata dia, pihaknya telah melakukan rapat sebanyak tiga kali bersama sejumlah kepala sekolah, dua kali rapat difasilitasi Kepala Bidang SMKN Disdikbud Sulteng, Hatijah Yahya, dan rapat final di fasilitasi langsung oleh Kadisdikbud Sulteng, Irwan Lahace.
 
Menurutnya, kebijakan tersebut tidak akan mempengaruhi jumlah peminat SMKN 2 Palu.Dengan begitu, pihaknya bisa lebih fokus lagi untuk melakukan pembinaan sesuai dengan pemetaan yaitu SMKN 2 Palu sebagai sekolah bisnis, SMKN 1 Palu sebagai sekolah pariwisata, dan SMKN 3 Palu sebagai sekolah teknologi. 


Editor: M Yusuf Bj