Tuesday, 21 August, 2018 - 06:31

Kades Bacaleg Harus Mengundurkan Diri

Kepala DPMD Kabupaten Parimo, Elvis Tombolotutu. (Foto: Zoel Fahry/ Metrosulawesi) 

Parimo, Metrosulawesi.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Elvis Tombolotutu mengingatkan bagi para Kepala Desa (Kades) yang ikut mendaftar sebagai  bakal calon legislatif (Bacaleg) harus mundur dari jabatannya  terlebih dahulu.

‘’Bagi Kades yang ikut serta dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang, harus mengundurkan diri dari jabatannya terlebih dahulu,’’ tandasnya.

Terkait hal tersebut, pihaknya, telah menyurat kepada seluruh Camat, yang ada di Kabupaten Parimo, agar para Kades yang akan mencalonkan diri sebagai Bacaleg, baik ke kabupaten, provinsi ataupun ke pusat, agar membuat surat pengunduran dirinya,” jelas Elvis pada Metrosulawesi di ruang kerjanya kamis 19 juli 2018.

Dikatakan, saat ini tidak ada lagi yang namanya cuti sementara untuk ikut sebagai Bacaleg pada Pileg 2019, tetapi sudah diberhentikan secara permanen. Hal ini juga dimaksudkan untuk menghindari penyalagunaan jabatan.

“Untuk saat ini, pihaknya berharap agar para Kades yang ingin mendaftar Bacaleg segera menyerahkan surat pengunduran diri ke bupati dan ditembuskan ke kecamatan dan DPMD, lalu pihak kecamatan mengusulkan pejabat sementara Kades, agar diperoses pemberhentian dan pejabat pengganti Kades sementara ke DPMD Parimo,” terangnya.

Elvis mengatakan, yang bisa menduduki posisi yang menjabat sebagai Kades sementara yakni Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mengetahui pemerintahan seperti, Sekdes yang sudah PNS,  atau kaur Pemerintahan, Kesra ataupun kaur Pembangunan yang ada di kecamatan, semua itu tergantung dari camat, siapa yang akan dia tunjuk. Setelah itu menunggu persetujuan dari Bupati untuk diperoses sebagai pengganti.

Ia menambahkan, untuk saat ini pihaknya belum mengetahui siapa saja Kades yang mendaftar sebagai Bacaleg. Namun yang sudah melaporkan kepihaknya baru dua Kades yang mendaftar Bacaleg yakni, Kades Kasimbar Selatan, Kecamatan Kasimbar dan Kades Baliara, Kecamatan Parigi Barat.

“Sebenarnya, untuk Kades Kasimbar Selatan tak perlu lagi melapor ke kami ataupun ke KPU, sebab masa jabatannya sudah berakhir, karena hanya Kades yang masih aktif saja yang dimintai persyaratan pengunduran diri dari KPU,” tandasnya. 

 

Editor: Masruhim Parukkai