Monday, 23 July, 2018 - 07:49

Kadis Dikbud Sulteng Cek Kehadiran Honorer-ASN Lewat Foto Bersama

Irwan Lahace. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Pada hari pertama kerja, Kamis, 21 Juni 2019, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Irwan Lahace mengumpulkan seluruh staf honorer dan Pengawai Negeri sipil (PNS) untuk mengecek kehadirannya.

“Saya melihat hampir semuanya masuk, kecuali ada salah satu pegawai kami minta izin, karena keluarga dekatnya menggelar pernikahan, sehingga kami bisa maklumi karena ini persoalan kemanusian,” kata Irwan kepada Metrosulawesi di ruang kerjanya. 

Kata Irwan, jumlah honorer di lingkungan Kantor Disdikbud Sulteng sebanyak 252, sementara jumlah PNS 349 orang.

“Tingkat kehadiran di kantor yang cukup besar ini sangat baik, semuanya dapat hadir. Saya sudah kumpulkan staff tadi (kemarin-red) pada saat Apel Pagi,” ujarnya. 

Sebelumnya Irwan mengaku, telah gencar mengingatkan kepada seluruh staf honorer dan pengawai ASN di Disdikbud Sulteng, terkait edaran dari Menpan RI tentang aturan agar tidak menambah libur kerja usai perayaan Idul Fitri. 

“Edaran tersebut telah saya sebar ke sejumlah kepala bidang, begitupun edaran Kejakasaan Agung,” ungkapnya. 

Irwan mengatakan dua hari sebelum masuk kerja (H+2) pihaknya telah mengigatkan kembali lagi, kepada seluruh pegawai, dengan menginstruksikan melalui ponselnya untuk meminta kepastian kehadirannya.  

“Sebagai langkah antisipasi, saya meminta bukti fisik bahwa semua pegawai hadir di hari pertama kerja, dimana setiap bidang saya minta harus foto bersama dan itu ada dokumenya. Artinya dari segi arsip itu sangat berarti dikemudian hari, sebagai pertanggung jawaban kepada pimpinan. Olehnya setiap bidang dan UPT foto bersama, sehingga diantara kita tidak ada dusta,” tuturnya. 

Kata dia, isi surat edaran tersebut sangat jelas, yakni mengingatkan kepada seluruh staf honorer dan ASN agar usai libur lebaran semuanya harus hadir pada awal masuk kerja, dengan mengikuti apel pagi yang dilanjutkan sidak hari pertama dan menghadiri Halal Bihalal Disdikbud Sulteng. 

“Instruksinya, kepada Kepala Bidang dan Kepala UPTD dan Kepala Seksi agar mengkoordinir dan melaporkan ketidak kehadiran staf masing-masing secara berjenjang dan tertulis. Selanjutnya bagi yang tidak hadir tanpa alasan yang tepat akan diberikan sanksi tegas sesuai peraturan  perundangan berlaku,” katanya. 

 

Editor: M Yusuf Bj