Saturday, 22 September, 2018 - 15:14

Kadis Dukcapil Palu dan Sigi Belum Diisi Pejabat Definitif

Abd Haris Yotolembah. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sulteng, Abd Haris Yotolembah mengungkapkan tengah mengupayakan agar jabatan Kepala Disdukcapil di daerahnya segera diisi pejabat definitif. Sebab saat ini ada dua jabatan Kepala Disdukcapil belum diisi pejabat definitif yaitu Disdukcapil Kota Palu dan Disdukcapil Sigi.  

“Kepala Disdukcapil Kota Palu dan Disdukcapil Sigi sudah pensiun per tanggal 1 Juni 2018, belum ada pejabat definitifnya saat ini. Kalau Disdukcapil Sigi memang sudah ada Plt, tapi-kan tidak boleh menjabat terlalu lama, harus secepatnya diisi pejabat definitif. Pengisian pejabatnya sedang saya upayakan ke pemerintah daerah terkait untuk diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri,” ungkap Haris di Palu belum lama ini.

Kata Haris, dengan dijabat Kepala Disdukcapil definitif akan mempercepat dan memudahkan layanan administrasi kependudukan masyarakat. Telebih mengingat tahun depan administrasi kependudukan KTP dan KK sangat dibutuhkan dalam kaitannya pesta demokrasi Pilpres dan Pileg pada 2019.

“Makanya harus segera diisi pejabatnya untuk menjamin kelancaran layanan administrasi kependudukan, saya hanya memfasilitasi,” ucapnya.

Haris menuturkan, saat pengusulan dua pejabat Kepala Disdukcapil ke Kemendagri, dirinya akan sekaligus mengusulkan pengisian jabatan Sekretaris Didukcapil Sulteng dan Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Tojo Unauna. Sebab dua jabatan sekretaris tersebut juga telah ditinggal pensiun oleh pejabat definitifnya.

Bersamaan pengusulan pejabat tersebut, Haris mengatakan dirinya akan sekaligus berkonsultasi ke Kemendagri untuk penambahan stok blanko e-KTP. Dia menambahkan, pihaknya akan senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan di Disdukcapil kabupaten/kota, termasuk meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait di daerah ini.

“Kami akan terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui Disdukcapil kabupaten/kota se Sulawesi Tengah. Kalau kami yang di Disdukcapil  provinsi tidak ada pelayanan seperti yang di kabupaten/kota,” tandas Haris. 

 

Editor: Udin Salim