Sunday, 22 July, 2018 - 22:39

Kadis Dukcapil Sigi Akui E- KTP Bermasalah di Semua Desa

ILUSTRASI - Masalah KTP elektronik terjadi pada semua warga desa di Kabupaten Sigi. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Sudah Rekam, Tapi Belum Cetak

Sigi, Metrosulawesi.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sigi, mengakui persoalan warga yang telah lakukan perekaman tetapi belum memiliki E-KTP, terjadi pada semua warga desa di Kabupaten Sigi.

Kepala Disdukcapil Sigi, Nahon Sango SSos, mengatakan, hampir semua keluhan warga desa di Sigi terkait perekaman E-KTP telah difoto tapi belum memiliki E-KTP menjadi masalah klasik.

“Jadi saya minta maaf pada perwakilan Desa Bangga. Masalah ini bukan hanya terjadi di situ, tapi hampir seluruh desa di Sigi,” ungkap Nahon, pada acara dialog bersama warga pada event refleksi 2 tahun duet Iwan –Paulina, sebagai bupati dan wakil bupati Sigi, baru-baru ini.

Dia menambahkan, dalam waktu dekat semua desa di Sigi nantinya diminta untuk segera membuatkan daftar list bagi warganya yang telah lakukan perekaman tapi belum ada E-KTP.

Kata dia, hanya saja menjadi kekhawatiran Disdukcapil jangan sampai warga yang belum ada E-KTP ini melakukan dua kali pengambilan gambar. Karena buru-buru ingin memiliki E-KTP lakukan foto dua kali akhirnya tidak bisa diterbitkan.

“Siapa tau ada warga dua kali foto sehingga E-KTP tidak jadi, makanya saya minta Kades segera membuatkan daftar listnya,” terangnya.

Menurutnya, berpapasan dengan dialog ini maka ia pun akan menyampaikan hasil Rakornas di Jakarta, baru-baru ini, terkait rencana event Pileg DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPR-RI, DPD, dan Pilres 2019 nanti, setiap warga yang tidak miliki E-KTP maka tidak diperbolehkan memberikan hak suaranya.

“Makanya kita akan rencana akan tambah perangkat komputer dan alat perekam. Karena perangkat yang ada yaitu bantuan  2009, daya cetak sudah menurun,” pungkasnya.          


Editor: Syamsu Rizal