Wednesday, 26 July, 2017 - 04:49

Kadis PU Sigi Terseret Kasus Proyek Jalan

ILUSTRASI - Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sigi, Iskandar Nontji diperiksa Penyidik Kejaksaan Tinggi  Sulteng pada Rabu, 15 Maret 2017. (Grafis : Metrosulawesi)

Masih Penyelidikan, Dugaan Kerugian Rp 1 Miliar

Palu, Metrosulawesi.com - Penyidik Kejaksaan Tinggi  (Kejati) Sulteng memeriksa Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Kabupaten Sigi, Iskandar Nontji pada Rabu, 15 Maret 2017 di ruangan Kepala Seksi (Kasi) III Bidang Intelijen Kejati Sulteng.

Kasi Humas dan Penkum Kejati Sulteng, Andi Rio Rahmatu kepada Metrosulawesi mengatakan, pihaknya sedang melakukan penyelidikan kasus proyek Jalan di Kabupaten Sigi, dan Kadis PU Sigi sudah tiga kali diperiksa sebagai saksi untuk dimintai keterangan perihal proyek pembangunan jalan Sadaunta-Lindu Kecamatan Pipikoro tahun 2015.

"Ya betul, tadi Kadis PU Sigi dimintai keterangan terkait proyek jalan Sadaunta. Sudah banyak saksi yang diperiksa. Pokoknya semua pihak terkait pasti dipanggil untuk dimintai keterangannya," katanya.

Andi Rio menuturkan, pemeriksaan tersebut adalah lanjutan pemeriksaan sebelumnya karena yang bersangkutan meminta izin kepada penyidik karena ada urusan penting. Karena itu dilanjutkan pemeriksaannya Rabu kemarin.

Dalam kasus ini, belum ada tersangka, masih pemeriksaan saksi-saksi. Sayangnya, Andi Rio enggan menjelaskan secara detail masalah yang tengah diusut Kejati Sulteng.

"Sekarang ini masih pemeriksaan saksi-saksi. Hasil keterangan para saksi itu nantinya akan diambil kesimpulannya oleh penyidik untuk menentukan apakah ada tindak pidana atau tidak. Yang jelas materi perkaranya belum bisa dipublis agar tidak bias," ujarnya.

Informasi yang diperoleh Metrosulawesi di Kejati Sulteng, bahwa Kejati sedang mengusut dugaan korupsi pembangunan jalan Sadaunta- Lindu Kecamatan Pipikoro tahun 2015. Hal tersebut berdasarkan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Tengah bahwa proyek tersebut terjadi kerugian negara senilai Rp1.152.769.260.

Bahwasanya, proyek pembangunan jalan Sadaunta-Lindu Kecamatan Pipikoro Kabupaten Sigi senilai Rp7.708.641.000. Tetapi yang terealisasi adalah senilai  Rp6.258.475.440.


Editor : Udin Salim

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.