Monday, 28 May, 2018 - 03:35

Kajari Pastikan Bakal Ada Tersangka Dugaan Korupsi Proyek Pasar Salumbia Dondo

Suhardjono, SH. (Foto: Ist)

Tolitoli, Metrosulawesi.com - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tolitoli Suhardjono SH memastikan bakal menetapkan tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi pada pembangunan pasar rakyat Desa Salumbia Kecamatan Dondo.

Proyek pembangunan pasar tersebut melekat pada Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pengelolaan Pasar dengan anggaran APBN tahun 2016 sebesar Rp 9,5 miliar dan dikerjakan oleh PT Dwipa Perkasa.

Suhardjono mengemukakan, kasus tersebut menjadi penanganan serius.

"Perkara dugaan korupsi pada  pembangunan pasar di Salumbia saat ini statusnya kita sudah naikkan dari tahap penyelidikan dan sekarang masuk ke tahap penyidikan," ungkap Kajari ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.
 
Kajari mengatakan, sejak awal Februari 2018  telah memerintahkan Kasi Pidsus segera membuatkan surat perintah penyidikan. Adapun item pekerjaan yang menjadi temuan di lapangan oleh penyidik Kejaksaan Negeri di antaranya volume perjaan tidak mencukupi.

Meski pihaknya sudah melakukan pemeriksaan kepada beberapa  pihak terkait pembangunan pasar tersebut dan sudah mengantongi data besaran jumlah kerugian uang negara yang ditimbulkan akibat pembangunan pasar di Desa Salumbia tiga tahun lalu, namun hingga kini Kajari Tolitoli belum menyebutkan nama tersangkanya.

"Kerugian uang negara kisaran ratusan juta, kalau calon tersangkanya sudah ada namun belum bisa kita ekspose ke publik dan akan kita beri tahu nanti kasus ini sudah di tahap P21," kata Kajari Tolitoli.

Terpisah, Ketua LSM Bumi Bakti (BB) Tolitoli Ahmad Pombang, Jumat 9 Februari 2018 terkait kasus pembangunan pasar di Desa Salumbia berharap agar pihak Kejaksaan tidak berlama-lama memproses kasus tersebut dan bila perlu secepatnya mempublikasikan nama tersangka.


Editor: Syamsu Rizal