Monday, 23 July, 2018 - 08:04

Kaliburu Jadi Desa Pantai Sehat Unisa

Ketua Panitia Deklrasi Desa Pantai Sehat, Dr Ahsan Marjudo (tengah) duduk bersama Kepala Desa Kaliburu, Ansor M Sholeh (kanan) dan salah seorang anggota panitia. (Foto: Ist)

Donggala, Metrosulawesi.com - Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu melakukan survey lokasi yang akan dijadikan tempat deklarasi desa pantai sehat berbasis religi. Deklarasi yang ditargetkan melibatkan seribu massa tersebut dijadwalkan digelar 13 Mei 2018 mendatang.

Dari survey tersebut dan dikomunikasikan dengan Rektor Unisa,Dr Hamdan Rampadio,MH akhirnya diputuskan Desa Kaliburu sebagai lokasi kegiatan.

Ketua Panitia Deklarasi Desa Pantai Sehat, Dr Aksan Marjudo,M.P bersama sejumlah panitia melakukan survey lokasi, Minggu 22 April 2018 pagi. Dua lokasi yang disurvey adalah Desa Tibo dan Desa Kaliburu, Kecamatan Sinduetambusabora.

Selain kedua desa itu, Unisa juga menggadang sejumlah lokasi lain seperti Desa Enu,Kecamatan Sindue,Desa Lende,Kecamatan Sirenja dan Desa Salubomba, Kecamatan Banawa.

Dari hasil survey awal, Aksan yang juga Wakil Rektor I Unisa menilai Desa Kaliburu lebih tepat dengan pertimbangan memiliki sarana pendukung seperti lapangan untuk deklarasi dan gedung untuk kepanitiaan.

’’Kaliburu kayaknya lebih layak. Punya lapangan luas yang tepat berada di pinggir pantai. Tinggal dibenahi sedikit. Apalagi ada gedung sekretariat yang bisa menjadi pusat aktivitas kepanitiaan. Ini jadi pertimbangan sementara kita dan akan dilaporkan ke pak rektor,’’ tandasnya.

Usai melakukan survey, Aksan dan panitia lainnya kemudian menemui Kepala Desa Kaliburu Ansor M Sholeh di rumahnya dan menyampaikan rencana kegiatan tersebut.

Gayung bersambut, Ansor langsung meresponnya dengan serius. Bahkan Ansor mengaku bersyukur karena Unisa bisa memberikan kepercayaan menjadi tempat pelaksanaan kegiatan berbasis religi tersebut.

"Kami sangat setuju dan bersyukur jika dipilih menjadi lokasi kegiatan pak. Semoga segera terealisasi,’’ ujarnya.

Ansor menyampaikan saat ini desanya butuh promosi agar bisa dikenal di daerah lain apalagi memiliki potensi khususnya wisata pantai yang bisa menjadi daya tarik. Jika jadi terpilih, Ansor pun mengaku segera memberitahukan ke warga desanya untuk melakukan berbagai persiapan untuk mendukung kegiatan tersebut.
 
‘’Kami akan memberitahukan kepada warga untuk membantu pelaksanaan kegiatan ini nanti. Kami harap ini jadi kesempatan untuk memperkenalkan desa kami kepada orang luar,’’ pungkasnya.


Editor: Syamsu Rizal

Tags: