Monday, 18 June, 2018 - 20:00

Kampung KB Bakal Dapat Kucuran Dana

Nofrijal. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Sekretaris Utama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), Nofrijal mengungkapkan untuk tahun 2018 ini program Kampung KB akan mendapatkan kucuran dana sebesar Rp100 juta per Kampung KB dimasing-masing kecamatan.

“Dana itu alokasi khusus dari Pemerintah pusat untuk menyukseskan program Kampung KB,” ujar Nofrijal saat pertemuan dengan ratusan Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) se- Provinsi Sulawesi Tengah di Hotel The Sya Palu, Jumat, 19 Januari 2018 malam.

Nofrijal mengatakan dana tersebut harus diawasi agar penggunaannya tepat sasaran sebagaimana yang diharapkan. Dia mengharapkan PKB dan PLKB mengambil peran dalam pengawasan dana tersebut.

Sestama menegaskan dimasing-dimasing Kampung KB harus ada seorang PKB dan PLKB yang bertugas sebagai pemantau. Dana yang akan dikucurkan katanya akan digunakan untuk keperluan non fisik.

“Dana Rp100 juta itu harus dikontrol juga, sampai tidak kepada kader, dimanfaatkan atau tidak, karena dana itu untuk non fisik,” tutur Nofrijal.

Secara rinci dijelaskan Nofrijal, peruntukan kucuran dana yaitu diantaranya untuk keperluan rapat kader, pertemuan tokoh, dan orientasi penggiat Kampung KB. Sementara untuk pembangunan fisik Kampung KB belum mendapat alokasi anggaran.

Dia menambahkan, tahun ini BKKBN menargetkan semua kecamatan di daerah tertinggal dan terluar harus memiliki minimal satu Kampung KB. Kampung KB dihadirkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Peran PKB dan PLKB sangat penting dalam menentukan suksesnya Kampung KB, khsususnya di Sulawesi Tengah ini,” tandas Nofrijal.

 
Editor: M Yusuf Bj