Friday, 20 July, 2018 - 17:05

Kantor Pemerintahan di Tolitoli Jadi Sasaran Pencuri

Tolitoli, Metrosulawesi.com - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli dimasuki pencuri dan mengambil sejumlah barang berharga. Pencuri juga menggasak uang tunai Rp 4 juta dari brankas kantor. Selain itu, membawa kabur sebuah sepeda motor milik Sarce, staf  bagian pengawasan Kantor Kemenag Tolitoli.

Informasi yang dihimpun, dalam sehari kasus pencurian tersebut terjadi dua kali dui kantor yang sama. Pertama, pada pada jelang subuh Jumat 2 Maret 2018. Sedangkan pencurian kedua sekitar pukul 12.00 Wita siang saat orang melakukan salat Jumat. Saat kantor dalam keadaan sepi, pencuri membawa lari motor milik staf bagian pengawas Kemenag Tolitoli.

Aksi pencurian pertama pada subuh diduga dilakukan seorang diri dan sang maling tersebut menggunakan penutup wajah kemudian masuk dari  pintu belakang. Lalu mencongkel pintu yang sedang terkunci dengan menggunakan alat bantu kemudian menggeledah semua isi setiap ruangan kerja termasuk menjebol pintu ruang kerja Kepala Kemenag.

“Maling tersebut melakukan aksinya di dalam kantor dan sempat membongkar berangkas serta mengambil uang tunai Rp 4 juta dan tiga buah kamera yang ada di ruang lain,” kata Salmin  Abdon staf di Kemenag belum lama ini.

Dijelaskan sebelum melakukan aksinya maling tersebut sempat terlihat mondar mandir di kantor Pengadilan Agama yang bersebelahan dengan Kantor Kemenag. Hal ini sempat terlihat dalam rekaman CCTV yang terpasang di Kantor Pengadilan Agama Tolitoli.

Adapun aksi pencurian kedua kalinya berlangsung pada Jumat siang harinya saat kantor lagi sepi. Saat kantor sepi, pencuri kembali melakukan aksinya dengan masuk ke dalam salah satu ruangan kerja dan mengambil kunci motor dan membawa kabur motor milik Sarce.

"Pencuri itu melakukan aksinya dua kali sehari yaitu pada subuh dan siang hari, dan aksi pelaku pencurian yang kedua kali. Saat itu Sarce pemilik motor sedang ke kantin yang ada di sebelah kantor dengan maksud hendak makan, sekembalinya dari kantin dia melihat motornya yang sedang terparkir di halaman kantor sudah tak ada," kata Salmin Abdon.

Terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Tolitoli Mukhlis SAg yang baru seminggu menjabat di Kantor Kemenag ditemui di ruangannya mengatakan kasus ini sudah dilaporkan ke polisi.

Guna pengembangan kasus pencurian selanjutnya penyidik dari Polres sudah mengambil beberapa sampel sidik jari pelaku di beberapa ruangan yang sempat di masuki pencuri. Selain itu penyiďik juga membawa barang bukti berupa brankas yang sudah rusak akibat kena congkel oleh pelaku serta memeriksa 2 securiti yang secara bergntian bertugas menjaga kantor tersebut.  


Editor: Syamsu Rizal