Sunday, 17 December, 2017 - 16:03

Kapal Pemuda Nusantara Tiba di Lokasi Sail Tomini

272 peserta KPN telah tiba di lokasi Sail Tomini sejak Minggu (13/9/2015). (Foto : Google)

Parigi, Metrosulawesi.com – Setelah berlayar ke sejumlah daerah di Indonesia dengan KRI Teluk Bintuni, 272 peserta Pemuda Nusantara (KPN) perwakilan dari seluruh provinsi yang masing-masing diwakili 5 orang dan 58 panitia tiba di lokasi Sail Tomini sejak Minggu (13/9/2015).

Demikian dikatakan Aulia Putry salah salah peserta KPN wakil Sulawesi Tengah kepada Metro Sulawesi, Rabu (16/9/2015).

“Pertama diawali dari pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, kemudian menuju Kota Baru Kalimantan Selatan, selanjutnya menuju ke Pulau Siau, Tahuna dan Pulau Melongane di Sulawesi Utara, kemudian ke Ternate baru kemudian ke Parigi,” ujar Aulia yang akrab sisapa Apul itu.

Sementara itu peserta KPN lainya yang merupakan perwakilan Kabupaten Parigi Moutong Mohammad Afandy menjelaskan, setelah ini seluruh peserta KPN akan ke pulau Muna Sulawesi Tenggara dan terakhir kembali ke Jakarta.

“Abis kegiatan puncak Sail Tomini ini kita akan ke pulau Muna dulu baru ke Jakarta, kemudian pulang ke daerah masing-masing,” ujar fandy.

Menurut Fandy dari semua daerah yang disinggahi menjadi wadah untuk dapat saling berinteraksi, berdialog, berdiskusi tentang isu-isu regional dan nasional yang sedang berkembang, serta mempelajari peluang bisnis selama perjalanan maupun selama tinggal ditempat yang dikunjungi serta pertunjukan pentas seni.

Selain itu, para peserta dan panitia dalam pelayaran KPN itu juga di ikuti utusan dari beberapa instansi, diantaranya BKKBN, PMI, UI, Kemenpora, Menko PMK Negara Asean serta personel Angkatan Laut.

Kapal Pemuda Nusantara, merupakan salah satu program unggulan Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda khususnya asisten Deputi urusan pengembangan Iptek dan Imtaq, Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga dalam upaya memberi pencerahan kembali bagi para pemuda Indonesia tentang betapa potensialnya nilai–nilai dunia bahari jika diberdayakan lebih optimal dan serius. 

 

Editor : Joko Santoso

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.