Thursday, 16 August, 2018 - 19:56

Kapolres Sigi Bentuk Tim Anti Bandit

PASANG ATRIBUT – Kapolres Sigi, AKBP Wawan Sumantri, menyematkan pakaian atribut tim anti bandit “TEKAB” 1938 kepada salah seorang personil di Mako Polres Sigi. (Foto: Ist)

Sigi, Metrosulawesi.com - Guna menekan angka kriminalitas yang kerap terjadi di wilayah Kabupaten Sigi, maka Kepolisian Resort (Polres) Sigi membentuk tim Anti Bandit “TEKAB 1938″, Senin, 6 Agustus 2018.

Sekitar pukul 08.00 Wita, bertempat di halaman Kantor Polres Sigi,  Kapolres Sigi AKBP Wawan Sumantri, mempimpin apel Pagi dan dilanjutkan dengan Upacara pembentukan tim khusus anti bandit “TEKAB 1938” Polres Sigi.

Tim ini terdiri dari 10 anggota yang di komando oleh 1 orang perwira, dan 9 orang Brigadir Polres Sigi dari gabungan fungsi operasional. Adapun nama “TEKAB 1938” ini merupakan singkatan dari “Tim Khusus Anti Bandit”. Sedangkan 19 adalah kode satker Polda Sulteng dan 38 kode satker Polres Sigi.

Kapolres Sigi AKBP Wawan Sumantri mengatakan,  latar belakang dibentuknya Tim ini bertujuan untuk meminimalaisir tingginya angka kejahatan konvensional  di Wilayah hukum Polres Sigi, antara lain kasus Curat ( pencurian dengan Pemberatan), Curas (Pencurian dengan Kekerasan), pencurian biasa, Curanmor dan penganiayaan.

“Nantinya Tim ini menangkal Kejahatan Jalanan seperti Begal, Jambret, Copet, Hipnotis dan Premanisme serta kejahatan yg berimplikasi kontijensi (Perkelahian antar  kampung, konsentrasi massa, dll) di Wilayah Hukum Polres Sigi,” tandas Kapolres Sigi.
 
Kapolres berharap, kejahatan jalanan dan premanisme khususnya kasus pencurian dan penganiayaan yang merupakan kasus yang marak terjadi di wilayah Hukum Polres Sigi, minimal dapat di kurangi, serta dapat mencegah terjadinya kasus kejahatan yang dapat berkembang menjadi bentrok antar masyarakat.

“Dalam pelaksanaan  tugasnya Tim “TEKAB 1938” didukung dengan kelengkapan, baik perorangan maupun beregu dengan difasilitasi pakaian tactikal, rompi, helm anti peluru, senter, borgol, HT, persenjataan 10 Pucuk Senjata Api Revolver, 5 Pucuk SS1, Ranmor R2 Trail 5 unit, dan R4 Double Cabin 1 unit,” pungkasnya.


Editor: Syamsu Rizal