Saturday, 25 November, 2017 - 11:47

Kapolsek Palu Timur Imbau Remaja Lakukan Hal Positif

AKP Esriyati Ndese. (Foto : Metrosulawesi/Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.com – Menanggapi maraknya aksi pembusuran yang terjadi di wilayah Palu Timur pada 2015, Kepolisan Sektor (Polsek) setempat mengimbau kepada anak remaja SMP dan SMA di Kota Palu agar melakukan hal yang bersifat positif.

Kapolsek Palu Timur, AKP Esriyati Ndese, mengatakan pihaknya selalu memberikan imbauan dan pengarahan kepada para remaja dan siswa sekolah khususnya wilayah Palu Timur, agar tidak melakukan hal-hal yang bersifat kriminal karena akan merugikan diri mereka dan orang lain.
 
“Kami sering berkordinasi dengan pihak sekolah, setiap hari senin melaksanakan sosialisasi  dan  memberikan pengarahan kepada anak- anak tersebut agar dijauhkan dari tindakan criminal. Apalagi yang rentan aksi kriminal seperti  kasus pembusuran di 2015, itu adalah remaja usia belasan tahun,” katanya, Selasa (5/1/2016).

Menurutnya, orang tua memiliki peranan penting dalam mengontrol tingkah laku anak agar lebih baik.

“Pelaku yang rata-rata berusia di bawah umur ini seharusnya menjadi tanggung jawab orang tua dalam mengontrol, namun kini menjadi pelaku aksi kriminal pembusuran yang  sempat menakuti warga di Kota Palu khususnya para pengendara roda dua,” katanya.

Esriyati mengatakan bahwa pihaknya juga meminta dukungan masyarakat, turutama kepada orang tua dan guru untuk memantau perkembangan psikologis anak.

“Pihak kepolisian juga tidak selalu bisa berbuat banyak tanpa dukungan masyarakat. Untuk orang tua para remaja maupun guru di sekolah mereka, agar bisa  memantau perkembangan psikologis anak apalagi yang sering diberikan keleluasan membawah kendaraan bermotor, itu yang sangat berbahaya,” tegasnya.
 
“Kami meminta para orang tua mempunyai anak remaja agar dijaga dan dididik dengan baik, sehingga tidak terjerumus ke dunia kejahatan seperti melakukan aksi pembusuran  dan lainnya,” tambahnya.

Esriyati berharap hal-hal kriminal yang melibatkan anak dibawah umur tidak terjadi lagi di Tahun 2016.

“Semoga di tahun 2016 ini aksi kejahatan seperti  kasus pembusuran yang  pernah terjadi di tahun 2015 tidak terjadi lagi. Serta kasus-kasus kejahatan lainnya bisa teratasi dan dicegah oleh masyarakat sendiri. Karena, polisi tidak bisa bekerja tanpa bantuan masyarakat,” katanya.

Polisi Akan Tindak Tegas Pelaku Kejahatan Jalanan

Kapolsek Palu Selatan, AKP Poltak YP Simbolon menegaskan pihaknya akan menindak tegas pelaku aksi kejahatan jalanan di Kota Palu. Menurutnya, aksi yang mereka lakukan sangat meresahkan masyarakat terutama para pengendara sepeda motor.

“Memang para pelaku yang sering melakukan aksi kejahatan sangatlah nekat, apalagi sampai melukai korbanya. Tapi, kami dari kepolisian punya cara tersendiri dalam menangani para pelaku, karena para pelaku sudah meresahkan sampai melukai masyarakat,” tegasnya, Selasa (5/1/2016). 

Poltak mengatakan bahwa pihaknya juga telah memperketat keamanan di wilayah yang dianggap rawan aksi kriminal.

“Para pelaku juga kebanyakan sering dipengaruhi oleh minuman keras dan Narkoba sampai itu mereka berani dan nekat melakukan kejahatan, apalagi kasus pencurian kendaraan bermotor kebanyakan dipengaruhi obat-obatan terlarang. Untuk itu kami sebagai polisi yang melayani masyarakat akan bertindak tegas kepada para pelaku,” katanya.

“Untuk mengurangi dan mengantisipasi aksi kejahatan  pihak Kepolisian dengan cepat menempatkan anggota di titik yang dianggap rawan tindak criminal,” pungkasnya.


Editor : M Yusuf BJ

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.