Wednesday, 26 September, 2018 - 07:14

Kasdam: Semoga Karya Bhakti TNI Terpadu Meningkatkan Kesejahteraan Warga Salena

Kepala Staf Kodam (Kasdam) XIII Merdeka Birgjen TNI Fajar Setyawan (tengah) di dampingi Dandim 1306 Donggala Letkol Kav Kav I Made Maha Yudhiksa, saat meninjau lokasi Karya Bhakti Terpadu Kodim 1306 Donggala di Dusun Salena, Kelurahan Buluri, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, Sabtu 10 Maret 2018. (Foto: Eddy/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Staf Kodam (Kasdam) XIII Merdeka Birgjen TNI Fajar Setyawan resmi menutup kegiatan Karya Bhakti TNI Terpadu, Kodim 1306 Donggala, Korem 132 Tadulako, yang digelar selama kurang lebih 60 hari di Dusun Salena, Kelurahan Buluri, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, Sabtu 10 Maret 2018.

Dalam sambutanya Pangdam XIII Merdeka Mayor Jenderal TNI Ganip Warsito, yang dibacakan oleh Kasdam XII Merdeka, Birgjen TNI Fajar Setyawan mengatakan selama kurang lebih 60 hari Kodim 1306 Donggala beserta segenap komponen masyarakat Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, telah bahu-membahu membangun jalan desa di Dusun Salena untuk memudahkan mobilitas perpindahan penduduk dan barang dari dan ke Dusun Selena.

“Harapannya hal ini dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan warga masyarakat Dusun Selena dan sekitarnya,” katanya.

“Selain itu kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, khususnya warga masyarakat di daerah pinggiran seperti Dusun Selena ini, yakni untuk mempercepat pembangunan di daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat guna menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan dan keamanan Negara,” ungkapnya.

Diakhir sambutan, Kasdam menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Daerah dan segenap elemen masyarakat serta semua pihak yang telah membantu secara moril maupun materiil sehingga kegiatan karya bakti ini dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Saya mewakili segenap personil TNI, memohon maaf apabila dalam pelaksanaan karya bakti ini, ada tutur kata maupun tingkah laku prajurit yang tidak berkenan di hati warga dan seluruh pihak yang terlibat di dalam kegiatan Karya Bhakti Terpadu,” ucapanya.

Sementara itu WaliKota Palu Hiadyat Ms.i mengatakan bahwa  dirinya mengapresiasi kerja cepat anggota TNI yang tergabung dalam personel Karya Bakti di Dusun Salena.

“Ini yang ke dua kali TNI bekerja sama dengan Pemkot Kota Palu. Saya mewakili warga Kota Palu mengucapkan terima kasih kepada TNI dan semoga kedepanya kerja sama seperti ini dapat terus di terlaksana,” ucapnya.

Sementara itu, Dandim 1306 Donggala Letkol Kav I Made Maha Yudhiksa dalam laporanya mengungkapkan bahwa karya bakti tersebut berlangsung selama 60 hari, sejak 13 Januari hingga 10 Maret 2018, dengan pekerjaan membuka jalan baru sepanjang sepanjang 2.800 Meter dengan lebar 3 meter.

“Jalan yang dibuka tersebut untuk mempermudah akses menuju lokasi wisata paralayang, yang berada di Dusun Salena,” katanya.

Dalam kegiatan penutupan Karya Bhakti terpadu Kodim 1306 Donggala tersebut juga ditandai dengan penandatanganan naskah kerjasama antara Dandim 1306 Donggala dengan Walikota Palu. Penyerahan dirangkaikan dengan penyerahan bantuan motor operasional kepada sejumlah Bintara Pembina Desa (Babinsa) oleh Kasdam, pengobatan geratis, sunatan massal, dan pembagian bingkisan kepada warga Dusun Salena.

Kasdam XIII Merdeka Birgjen TNI Fajar Setyawan bersama rombongan juga menyempatkan diri melihat langsung suasana pengobatan gratis dan sunatan massal di dusun tersebut dan meninjau jalan yang baru dibuka, hingga ke lokasi wisata paralayang.


Editor: M Yusuf Bj