Friday, 21 July, 2017 - 19:00

Kasman: Dampak Global, Pariwisata Alami Pasang Surut

Kasman Lassa. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Donggala, Metrosulawesi.com — Di tengah semangat upaya mengembangkan pariwisata di Kabupaten Donggala, Bupati Kasman Lassa, SH mengakui adanya tantangan yang terbentang lebar.

Sebab saat ini pembangunan di bidang kepariwisataan di Tanah Air mengalami pasang surut akibat dampak dari kondisi global yang terjadi, terutama dari sisi keamanan dan keuangan dunia.

Menurut Kasman, dalam mencari formula yang tepat membangun kepariwisataan di Indonesia pun sering mengalami perubahan, dilihat dimasa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono, Kementerian yang dibentuk bernama Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Namun saat ini di bawah Kepemimpinan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berubah menjadi Kementerian Pariwisata yang saat ini dijabat oleh Arif Yahya.

Meski demikian, Bupati Kasman tetap optimistis, dalam konsep pembangunan berkelanjutan maka program kegiatan Dinas Pariwisata Kabupaten Donggala adalah untuk menjadikan Donggala sebagai kota Wisata.

Pasalnya, katanya, Kabupaten Donggala memiliki banyak destinasi yang tersebar di 16 kecamatan, khususnya untuk destinasi wisata alam pantai 21 sebaran, destinasi wisata alam bawah laut 6 sebaran, detinasi alam danau dan pulau 7 sebaran, destinasi wisata alam khusus wisata air 6 sebaran, destinasi wisata alam hutan dasn buatan juga ada sembilan sebaran.

“Data kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara tahun 2016 yang tersebar di semua destinasi di Kabupaten Donggala mencapai 3.576 orang untuk kunjungan wisatawan mancanegara, sedang kunjungan wisatawan nusantara mencapai 94.333 orang,” tandas Kasman pada upacara Hari Kesadaran Nasional di halaman kantor Bupati Donggala, Senin, 19 Juni 2017.

Menurut Bupati melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala, Hi. Aidil Nur. SH.M.Si, pada Agustus 2017 mendatang, Pemkab Donggala akan mencanangkan Donggala sebagai Kota Wisata tepat di HUT Kabupaten Donggala.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.