Thursday, 16 August, 2018 - 18:38

Kasus Libatkan Anggota DPRD Parimo Segera Disidang

Andi Rio. (Foto : Agustinus/ Metrosulawesi)

"Terdakwa menyalagunakan bahan bangunan itu untuk kepentingan pribadi. Bukan untuk merehab Kantor Desa Ogoalas. Sehingga, terdakwa dijerat dengan pasal 2 dan pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan Tipikor," - Andi Rio, Kacabjari Tinombo -

Palu, Metrosulawesi.com - Kejaksaan Negeri Parigi Moutong (Parimo) Cabang Tinombo sudah melimpahkan berkas perkara dugaan korupsi  proyek rehab Kantor Desa Ogoalas Kecamatan Tinombo Kabupaten Parimo tahun 2013 ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Palu dengan tersangka Anggota DPRD Parimo, Basram Maru.

"Kami sudah melimpahkan berkas perkara dengan terdakwa Basram Maru ke Pengadilan Tipikor Palu," kata Kacabjari Tinombo, Andi Rio kepada wartawan, Jumat (10/6/2016) di Palu.

Andi Rio menuturkan, seorang anggota DPRD Kabupaten Parimo itu menjadi terdakwa dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi pada proyek rehab Kantor Desa Ogoalas Kecamatan Tinombo Kabupaten Parimo tahun 2013 itu karena kapasitasnya pada saat itu selaku Kepala Desa Ogoalas.

Andi menuturkan, proyek rehab Kantor Desa itu merupakan bantuan dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Sulawesi Tengah yang disalagunakan oleh terdakwa Basram Maru.

BPMPD Sulawesi Tengah sudah menyiapkan semua bahan bangunan untuk rehab tiga kantor desa yakni Desa Dusunan, Desa Bainaa dan Kantor Desa Ogoalas dengan total anggaran senilai Rp 140. 700.000. Namun yang bermasalah adalah bantuan untuk rehab Kantor Ogoalas yang anggarannya adalah senilai Rp 46.900.000.

"Terdakwa menyalagunakan bahan bangunan itu untuk kepentingan pribadi. Bukan untuk merehab Kantor Desa Ogoalas. Sehingga, terdakwa dijerat dengan pasal 2 dan pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan Tipikor," katanya.

Sementara itu, Humas Pengadilan Negeri Palu, Made Sukanada membenarkan, bahwa pihaknya telah menerima berkas perkara Tipikor dari Kejari Parigi Cabang Tinombo dengan terdakwa Basram Maru. 

"Iya kami sudah menerima berkas perkara itu. Majelisnya sudah ditentukan. Namun jadwal sidangnya belum ditentukan," katanya.


Editor : Syamsu Rizal