Sunday, 25 February, 2018 - 00:11

Kebakaran Hutan di Poso

PADAMKAN API - Petugas pemadam kebakaran, polisi bersama warga bahu-membahu  memadamkan api di puncak gunung Jati, Kelurahan Gebang Rejo, Poso Kota. (Foto : Wawan)

Api Nyaris Merembet ke Pemukiman Penduduk

Poso, Metrosulawesi.com - Dampak musim kemarau dan angin kencang yang terjadi di Kabupaten  Poso mengakibatkan 5 Hektar hutan terbakar  di wilayah Kelurahan Gebang Rejo, Kecamatan Poso Kota, atau berada di lokasi lorong pembantu Gubernur Selasa (1/9/2015) pagi. Hutan yang dipenuhi kebun jati dan ilalang itu membuat api semakin berkobar hingga merambat di kebun kakao  masyarakat.

Lokasi kebakaran yang berada didekat permukiman warga itu membuat warga sekitar panik. Bahkan kebakaran tersebut nyaris merembet ke rumah-rumah warga. 

“Kami merasa takut ada api yang muncul dari belakang rumah, saya terpaksa secepatnya melaporkan kepada pemadam kebakaran,” kata Rusman warga yang dekat dengan lokasi kejadian.

Hasil laporan itulah, sebanyak dua mobil pemadam kebakaran Pemda Poso bersama dua 25 anggota pemadam kebakaran dan beberapa anggota Polsek Poso Kota langsung menuju tempat lokasi kebakaran. Pemadaman api  tersebut juga dibantu oleh warga setempat, meskipun lokasi hutan yang berada di ketinggian perlahan-lahan api pun mampu di padamkan.

Malik salah satu anggota pemadam yang ikut terlibat mengatakan, diduga adanya puntung rokok yang di buang warga membuat hutan tersebut terbakar. Dirinya juga sangat mengapresiasi kepada warga yang telah melapor adanya kebakaran tersebut.

“Jika warga yang saat itu tak melapor kemungkinan api akan terus membesar dan merembet ke rumah-rumah warga,” ungkapnya.

Kebakaran hutan tersebut, menurut warga sekitar sering terjadi di musim panas dan saat angin kencang.  Selain itu pembukaan lahan kebun yang dilakukan juga mengakibatkan mudah terjadi kebakaran saat musim panas, meskipun api perlahan-lahan telah padam. Namun warga yang tinggal dekat dengan lokasi kebakaran itu kini masih bersiaga.

 

Editor : Subandi Arya

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.