Wednesday, 16 August, 2017 - 23:27

Kebakaran Hutan Touna, Petugas Kewalahan Padamkan Api

KEBAKARAN - Dua polisi Polsek Ampana Tete terlihat turun ke lokasi berusaha memadamkan titik api di Hutan. (Foto : Harris Wartabone)

Dekat Lokasi Transmigrasi

Ampana, Metrosulawesi.com - Kebakaran hutan yang melanda hutan sekitar pemukiman transmigrasi di Desa Pada Uloyo, Kecamatan Ampana Tete, Kabupaten Tojo Unauna (Touna), masih sulit dipadamkan petugas pemadam kebakaran Pemda Touna. Hingga Senin, titik api masih terlihat di lokasi kebakaran.

Warga dan dan beberapa personil polisi dari Polsek Ampana Tete  yang dipimpin Kapolsek IPDA  Ruslan, yang turun langsung memadamkan api, hanya bisa memutus jalan api yang menjalar dengan alat seadanya. Kebakaran tersebut yang terjadi pertamakali, Sabtu (29/8/2015) sekitar pukul 14.00 Wita. Hingga Minggu malam api masih tampak membakar hutan. 

Hingga beberapa jam kemudian, warga meminta bantuan mobil pemadam kebakaran Pemda Touna, bersama puluhan personil polres Touna untuk membantu memadamkan api.

Di lokasi kebakaran pada Minggu malam, api masih terlihat semakin meluas membakar area hutan. Armada kebakaran yang diturunkan tidak mampu memadamkan api. Pada Senin siang api mulai merada. Namum dengan kondisi lahan yang kering ditambah dengan tiupan angin ditempat kejadian membuat titik-titik api masih  terus membakar hutan.

Menurut Kapolsek Ampana Tete IPDA  Ruslan, bahwa api awalnya berasal dari hutan Desa Sabo yang bertetangga dengan pemukiman transmigrasi yang dihuni oleh warga yang berasal dari Pulau Jawa.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.