Thursday, 16 August, 2018 - 18:44

Kebun Raya Sigi Dibangun di Sidondo

SALAM KOMPAK - Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta, didampingi Kadis PUPR, Iskandar Nongtji, bersama masyarakat Sidondo kompak mendukung program kebun raya Sigi. (Foto: Humas Sigi)

Sigi, Metrosulawesi.com – Pemerintah Kabupaten Sigi mencanangkan program Kebun Raya bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB).  Demi melancarkan program ini, Pemkab Sigi menggelar pertemuan dengan masyarakat Sigi, di Desa Sidondo 3, Minggu, 8 April 2018.

Pertemuan menjelaskan kepada masyarakat khususnya pemilik lahan tentang tujuan dan manfaat pembangunan kebun raya Sigi ini, melalui Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), akan didanai dari dana Pusat, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia.

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta menyampaikan program ini bertujuan kepentingan masyarakat. Dengan adanya pembangunan ini, diharapkan ruang ekonomi di wilayah Sigi, khususnya di Desa Sidondo akan terbuka.

Kata dia, jika kebun raya dibuka maka banyak pengunjung akan datang ketempat ini, secara otomatis akan menambah peningkatan nilai ekonomi bagi masyarakat setempat.

“Apa lagi di tempat ini akan dibangun infrastruktur jalan baru, dari Bora sampai ke Pandere nanti. Makanya Sidondo ini menjadi perhatian khusus bagi Pemkab Sigi,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk membangun kebun raya Sigi dibutuhkan lahan yang luas. Olehnya pemerintah daerah sebelum menetukan tempat yang tepat melakukan survey terlebih dahulu. Dari hasil survey yang dilakukan dibeberapa wilayah, di pilihlah Desa Sidondo sebagai tempat pembangunan kebun raya Sigi ini.

“Karena di wilayah ini terdapat lahan peternakan Karawa Tandau seluas kurang lebih 58 Ha, yang sebelumnya merupakan lahan peternakan milik Pemda Donggala, namun telah diserahkan kepada Pemda Sigi,” terangnya.

Bupati Sigi berharap pemerintah desa setempat bersama masyarakat, dan khususnya pemilik lahan dapat mendukung program pemerintah yang bertujuan untuk membangun daerah demi mensejahterakan masyarakat ini.

“Pertemuan ini akan dilanjutkan dialog bersama masyarakat di sini. Semoga apa yang kita sepakati bersama mendapatkan kebaikan nantinya,” pungkasnya.   


Editor: Syamsu Rizal