Monday, 20 November, 2017 - 02:14

Kegiatan FPDP Promosi Kebangkitan Potensi Wisata Poso

Lokasi kegiatan FPDP. (Foto : Wawan/ Metrosulawesi)

Poso, Metrosulawesi.com - Pemda Poso akan  menggelar  kegiatan akbar Festival Pesona Danau Poso (FPDP) untuk yang ke 19 tahun 2016 .Kegiatan FPDP yang secara rutin digelar dalam setiap tahunnya di Tentena, kecamatan Pamona Puselemba oleh Pemprov Sulawesi Tengah bekerjasama dengan Pemda Poso tersebut sebagai ajang untuk promosi wisata dan sekaligus kampanyekan situasi kemananan kota Poso yang aman baik skala nasional hingga Internasional.

Untuk yang pertama kalinya dalan sejarah sejak pelaksanaan FPDP, pelaksanaan FPDP tahun 2016 yang akan berlangsung selama empat hari pada Rabu 2 hingga Sabtu 5 Novemver 2016, akan diramaikan dengan kegiatan-kegiatan seni budaya lokal seperti tarian khas daerah. Selain menampilkan tarian dan musik daerah, pihak panitia juga akan mendatangkan sejumlah artis ibu kota seperti Once, Iis Dahlia, Evi Masamba, Mitha Talahatu serta group musik ENTETE Voice.

Staf khusus Bupati Poso Hendrik Gary Lianto atau Aceo yang juga selaku sponsor utama dalam  mendatangkan arti mengatakan, jika dalam acara pembukaan FPDP tersebut nantinya akan dibuka langsung oleh Gubernur Sulteng Longki Jangola bersama Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu.

Menurutnya dalam kegiatan pembukaan FPDP, nantinya para pengunjung yang datang dari seluruh kabupaten di Sulteng akan menikmati  hiburan khas tarian musik daerah yang kemudian akan lanjutkan dengan penampilan artis ibukota.

"Ini adalah kegiatan FPDP  terbesar yang pertama kalinya Pemda Poso gelar, tentu dengan harapan setelah ini, semua orang bisa tau kalau kabupaten Poso betul-betul memiliiki banyak potensi wisata dan bisa bersaing dengan daerah lain," ungkap Aceo belum lama ini.

Kata Aceo, seluruh anggaran terkait dana kedatangan para artis Ibukota pada acara pembukaan hingga penutupan FPDP Poso yang ke 19 tahun 2016 tersebut sama sekali tidak membebani APBD kabupaten Poso.

Seluruh biaya pemberangkatan hingga kedatangan artis di Poso merupakan biaya pribadi dan sama sekali tidak melibatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)ataupun instansi tertentu.

"Tujuan Pemda Provinsi dan Kabupaten menggelar FPDP ini tentunya untuk kemajuan kabupaten Poso, sama dengan tujuan saya mendatangkan artis, kan bukan kali ini saya mendatangkan artis, dari dulu juga selalu mendatangkan artis dengan dana pibadi saya," jelasnya lagi.

Dalam pelaksanaan FPDP yang ke 19 tahun 2016 di Tentena terebut, pihak panitia juga akan secara langsung memperkenalkan dan mempromosikan sejumlah tempat-tempat wisata yang ada seperti pantai pasir putih Siuri, keindahan air terjun Saluopa kecamatan Pamona Peselemba dan patung Megalitikum di Bada, kecamatan Lore Selatan.

Sementara bertindak sebagai pemandu lokasi wisata dan sekaligus menjadi juri dalam penilaian putri wisata danau Poso adalah Putri Indonesia Parawisata tahun 2015 serta runner up putri Indonesia bernama Greisya Amanda.


Editor : Masruhim Parukkai

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.