Wednesday, 26 July, 2017 - 22:36

Kejari Parimo Bekuk Terpidana Kasus Pembangunan Dermaga Fiktif Parimo

Kepala Seksi Pidana Khusus, Reza Hidayat. (Foto : Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Jaksa eksekutor Kejaksaan Negeri (Kejari) Parigi Moutong (Parimo) menangkap Damran di kediamannya Desa Bambalemo pada Jumat, 31 Maret sekitar pukul 07.00 Wita. Damran adalah terpidana kasus korupsi perencanaan pembangunan empat dermaga wisata Parimo tahun 2013.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Parigi, Jurist Prercisely Sitepu melalui Kepala Seksi Pidana Khusus, Reza Hidayat kepada Metrosulawesi, Jumat, 31 Maret 2017.

Reza mengatakan, Jaksa eksekutor melakukan penangkapan terhadap Damran karena tidak mengindahkan panggilan Jaksa untuk dieksekusi. Sehingga pihaknya langsung menangkap Damran di rumahnya sekitar pukul 07.00 Wita, dan langsung digiring ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Palu Cabang Parigi di Olaya untuk menjalani hukuman sebagaimana yang diputuskan oleh Mahkamah Agung (MA) RI. Bahwasanya, MA RI menyatakan terdakwa Damran terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana yang didakwakan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Sehingga, Damran dihukum dengan pidana penjara selama lima tahun, dan membayar denda senilai Rp 200 juta subsidair enam bulan kurungan.

Dengan adanya putusan MA, putusan Pengadilan sebelumnya sudah tidak berlaku lagi. Putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Palu menyatakan Damran terbukti korupsi dengan menjatuhkan hukuman dengan pidana penjara selama satu tahun enam bulan dan membayar denda senilai Rp100 juta subsidair tiga bulan kurungan. Olehnya, JPU mengajulan banding. Putusan banding juga menguatkan putusan Pengadilan sebelumnya. Sehingga JPU memgajukan kasasi. Putusan kasasi menyatakan terbukti korupsi dengan hukuman penjara selama lima tahun.

"Putusan yang menjadi dasar kami untuk melaksanakan eksekusi terhadap terpidana Damran," katanya.

Damran merupakan salah seorang terdakwa kasus dugaan korupsi perencanaan pembangunan empat dermaga wisata tahun 2013 di Kabupaten Parimo dengan pagu anggaran senilai Rp 1.397.241.000. Adalah perencanaan pembangunan Dermaga Wisata Desa Sibatang, Kecamatan Moutong, Pantai Nalera dan Tada Selatan. Kapasitas Damran dalam proyek tersebut merupakan rekanan pelaksana perencanaan pekerjaan.


Editor : Udin Salim

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.