Sunday, 22 July, 2018 - 13:03

Kejurnas Karate Piala Mendagri, Ratusan Wasit Ikuti Ujian di Palu

PENDAFTARAN PESERTA - Ratusan wasit juri karate mendaftar persiapan mengikuti verifikasi dan ujian wasit juri yang dilaksanakan oleh PB Forki dalam rangkaian jelang Kejuaraan Nasional Karate Piala Mendagri, Senin 19 Maret 2018. (Foto: Tahmil Burhanudin/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Sebanyak 562 wasit juri karate mengikuti ujian dan verifikasi yang dilaksanakan Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate Indonesia (PB Forki) di Kota Palu, Selasa 20 Maret 2018 hari ini. Kegiatan itu rangkaian dari Kejuaraan Nasional Karate Piala Mendagri yang akan mulai bergulir pada 23 hingga 25 Maret 2015 nanti.

Ujian wasit juri akan berlangsung selama dua hari, diikuti oleh wasit dari seluruh daerah se-Indonesia. Menurut Ketua Komisi Perwasitan PB Forki Tri Bhakti Santoso, ujian wasit juri ini tidak hanya untuk persiapan Kejuaraan Piala Mendagri, tapi untuk persiapan sejumlah kejuaraan tingkat nasional.

“Ini merupakan verifikasi validasi, seminar dan ujian wasit juri karate untuk Kejurnas Karate Mendagri. Jumlah peserta 562 orang, peserta akan kita kelompokkan,” ungkap Tri Bhakti Santoso saat ditemui di tengah-tengah kesibukannya menerima pendaftaran wasit juri yang siap mengikuti ujian di salah satu hotel di Kota Palu.

Para wasit juri tersebut akan mengikuti ujian untuk mendapatkan lisensi yang berbeda-beda tingkatannya, dari wasit untuk kejuaraan lokal, hingga wasit bertaraf nasional. Sementara untuk wasit juri yang masih terverifikasi hanya sekedar mengikuti penyegaran saja.

“Setiap verifikasi itu ada batas waktu, jatuh tempo. Misalkan sim saya habis harus diperbaharui empat tahun sekali,” katanya.

Para wasit juri yang ikut ujian tersebut juga mendapatkan rekomendasi dari masing-masing perguruan karate.

“Mereka akan mengikuti penataran wasit juri yang akan dipimpin langsung Dewan Wasit Karate Dunia, Patrick Lim. Dari jumlah 562 yang ikut penataran wasit juri kurang lebih hanya seratusan yang akan memimpin pertandingan,” jelas Ketua Panitia Ery Tamalagi.

Kejurnas Karate Piala Mendagri XX sendiri akan berlangsung pada 23-25 Maret. Dipastikan akan dibuka Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo.

Kejurnas Karate yang khusus diperuntukkan bagi pembinaan prestasi karateka junior dibawah usia 21 tahun di Palu akan menjadi ajang pemantauan pembentukan tim nasional karate Indonesia ke Kejuaraan Karate Asia Pasific bulan April mendatang dan Kejuaraan Dunia Karate setelah pelaksanaan Asian Games Jakarta.

Dari catatan panitia pelaksana, sejumlah tim sudah berada di Palu. Tim PB Inkado sudah dua minggu berada di Palu dan melakukan pemusatan latihan di Asrama Haji Palu, sementara tim FORKI Sulsel dengan kekuatan 50 orang tiba di Palu Minggu siang. Tim lainnya yang sudah berada di Palu PB Pordibya, Sulawesi Barat.

Sementara Ketua Umum Pengprov FORKI Sulteng, H. Ahmad H. Ali berharap kegiatan ini dapat dimaksimalkan keluarga besar karate Sulteng untuk meningkatkan kemampuan.

“Selain ajang menguji tim yunior, kegiatan ini saya harapkan juga menjadi ajang peningkatan kualitas wasit juri karate kita. Saya berharap mereka yang ikut dalam penataran wasit juri benar-benar mempersiapkan diri dan membuktikan kemampuan mereka, karena baru pertama kali terjadi Dewan Wasit Karate Dunia yang memimpin langsung penataran dan refresing seperti ini di daerah. Jadi nanti akan terbukti siapa pengadil-pengadil kita di Sulteng  yang berkualitas,” tegasnya.