Saturday, 25 November, 2017 - 04:01

Kelola Diabetes Dengan Pemeriksaan Laboratorium secara Berkala

Diabetes mellitus adalah suatu kondisi di mana konsentrasi glukosa (gula sederhana) didalam darah tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin secara optimal. Insulin adalah hormon yang dikeluarkan oleh sel beta di pankreas, yang bertanggungjawab dalam mempertahankan konsentrasi glukosa darah yang normal. 

Tujuan pengelolaan diabetes secara umum adalah meningkatkan kualitas hidup penyandang diabetes dengan mencegah terjadinya komplikasi menahun. Empat pilar pengelolaan diabetes yaitu edukasi, terapi gizi medis, latihan jasmani serta intervensi farmakologis. Keempat pilar ini berjalan bersamaan demi optimalisasi pengelolaan diabetes. 

Laboratorium Klinik Prodia berkomitmen untuk membantu diabetisi (penyandang diabetes) dalam mengelola diabetes melalui penyediaan pemeriksaan laboratorium yang berkualitas. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyediakan Panel Pengelolaan Diabetes, yakni Panel yang berisi sejumlah tes laboratorium yang bermanfaat untuk memantau kondisi individu penyandang diabetes, memantau kepatuhan dalam mengikuti terapi dan untuk melihat risiko komplikasi yang mungkin terjadi. 

Panel Pengelolaan Diabetes yaitu Glukosa Puasa dan Glukosa 2 jam PP, HbA1c, Albumin Urine Kuantitatif, Kreatinin, Urine Rutin, Albumin/Globulin, SGPT, Kolesterol Total, Kolesterol LDL Direk, Kolesterol HDL, Trigliserida. 

Pengelolaan diabetes yang baik diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup penyandang diabetes, dengan mengetahui risiko komplikasi sedini mungkin serta membantu dalam pencapaian target pengobatan. 

Informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi laboratorium klinik Prodia, Jl. S. Parman No. 16, Palu (0451-451639 atau 0822 9167 2222). (Adv)

 

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.