Saturday, 22 September, 2018 - 05:27

Kelurahan Silae-PT Pegadaian Kerjasama Olah Bank Sampah

Muh Syafa’ad. (Foto: Dok Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.com – Kelurahan Silae, Kecamatan Ulujadi bekerjasama dengan PT. Pegadaian (Persero) Cabang Palu memaksimalkan pengelolaan bank sampah di kelurahan tersebut. 

“Kami sudah tiga bulan bekerjasama dengan PT Pegadaian Cabang terkait Bank Sampah yang ada di kelurahan ini. Kebetulan bank sampah di sini sekalian dengan TPS,” kata Lurah Silae, Muh. Syafa’ad saat dijumpai di ruang kerjanya, Selasa, 7 agustus 2018 

Kata dia, bank sampah tersebut ibarat pengepul, sedangkan PT Pegadaian sebagai pembeli, yang menghargai sampah dengan harga yang beragam. 

“Kita jadwalkan di tingkat RT untuk penimbangan sampah, kemudian yang membeli itu pihak Pegadaian dengan harga beragam, seperti sampah plastik per kilonya kurang lebih Rp5000,” ujarnya.   

Syafa'ad mengungkapkan kerjasama tersebut terwujud karena adanya tujuan yang sama antara Pemerintah Kota Palu dan PT Pegadaian Cabang Palu dalam memberantas sampah. 

“Ini merupakan program bersama, kebetulan pihak Pegadaian mempunyai tujuan yang sama dengan kami dalam memberantas sampah. Hanya saja mereka buat program sampah menjadi emas. Maka dari itu, masyarakat Kelurahan Silae mau bekerjasama dengan mereka,” ungkapnya. 

Dia mengimbau kepada warga setempat supaya membawa sampah plastik ke TPS 3R. 

“Karena pihak Pegadaian menyiapkan buku tabungan, jika ada warga yang ingin menabung melalui bank sampah,” jelasnya.

“Petugas bank sampah di sini tidak perlu lagi menjual keluar, karena sudah ada pihak yang mau membeli dari pengolahan sampah dari Pegadaian,” imbaunya.  

 

Editor: M Yusuf Bj