Sunday, 22 October, 2017 - 18:14

Kemenag Palu Fokus Kembangkan Madrasah

Kepala Kantor Kemenag Kota Palu, Ma'sum Rumi saat mengajar bahasa Arab dalam kunjungannya di MTs Negeri Palu Utara. (Foto : Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palu Ma'sum Rumi menyambangi beberapa madrasah di Kota Palu, diantaranya Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Palu Utara dan MTs Al-Khairaat Mamboro, Rabu, 7 Desember 2016.
 
“Kunjungan tersebut merupakan bagian dari komitmen kami, dalam program pengembangan Madrasah dan peningkatan kualitas pendidikan agama,” ungkap Ma'sum.
 
Dalam kunjungan tersebut, Ma'sum bersama beberapa jajarannya mengamati ruang kantor dan ruang kelas.

“Di setiap kelas, kita memantau proses belajar mengajar, baik guru itu mentransfer ilmunya kepada siswa, maupun siswa yang secara proaktif bertanya ke guru di dalam kelas,” katanya.
 
Menariknya, saat berkunjung di MTs Negeri Palu Utara, Ma'sum mendapati salah satu ruang kelas sedang belajar Bahasa Arab. Ma’sum kemudian mengajukan diri untuk menggantikan guru di kelas tersebut.

“Saya rindu juga suasana mengajar di sekolah, sehingga saya ingin berkunjung di beberapa sekolah di Kota Palu,” katanya.
 
Kedepannya, kata Ma'sum, pihaknya akan terus melakukan kunjungan ke madrasah-madrasah di Kota Palu, baik negeri maupun swasta.

“Ini sesuai amanat Pak Abdullah Latopada (Kakanwil Kemenag Sulteng), yang menginginkan kita fokus pada pemberdayaan pendidikan Madrasah,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulteng Abdullah Latopada dalam kunjungannya ke Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Palu Barat beberapa waktu lalu mengatakan prestasi yang diraih madrasah bukan karena kinerja Kepala Madrasah saja, melainkan seluruh civitas akademika madrasah.

"Kekompakan guru-guru dalam mendidik siswa itu yang menghasilkan prestasi. Kepala Madrasah hanya seorang manajer yang mengatur seluruh kegiatan sekolah, guru dan civitas akademika madrasahlah yang mengaplikasikannya," jelas Abdullah.

Abdullah Latopada optimis madrasah akan mampu bersaing dalam dunia pendidikan di Indonesia.

“Kedepan, madrasah akan menjadi pilihan utama dan pertama para orang tua untuk memasukkan anaknya ke sekolah. Karena di madrasah bukan hanya ilmu umum yang didapat, tetapi juga mendapatkan ilmu agama,” ungkapnya.

“Para guru harus lebih serius dan ikhlas dalam mendidik siswa. Saya terbuka untuk menerima dan memberikan saran kepada para guru dalam rangka perbaikan dan peningkatan madrasah, silahkan guru-guru datang bertemu saya untuk berdiskusi," tambahnya.


Editor : M Yusuf BJ

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.