Saturday, 25 November, 2017 - 11:41

Kemenkeu Mengajar Sasar Dua Sekolah

KEMENKEU MENGAJAR - Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tengah, Mattaro Nurdin Arta saat memberikan sambutan dihapan para guru dan relawan. (Foto : Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi - Dalam menyambut Hari Oeang (uang), Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah akan menyasar dua Sekolah Dasar (SD) di Palu yakni SD Negeri 1 Lolu dan SD Inpres 6 Lolu dalam rangka program Kementerian Keuangan Mengajar.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tengah, Mattaro Nurdin Arta mengatakan Kemenkeu Mengajar bertujuan memperkenalkan dasar peran dan profesi di Kementerian Keuangan kepada para generasi penerus pada jenjang sekolah dasar, serta mengajarkan nilai-nilai positif keuangan negara. 

“Para siswa SD masih mempunyai memori yang kuat, sehingga kami memberikan pemahaman tentang keuangan sesuai bahasa anak-anak SD,” kata Mattaro di SDN 1 Lolu Palu, Senin, 23 Oktober 2017.

Mattaro mengatakan Kemenkeu menurunkan para relawan untuk mengajar selama sehari di sekolah. Cara mengajarnya sesuai tugas atau personality masing-masing. Kemenkeu  mempunyai Bea Cukai, Pelayanan Pajak, Perbendaharaan serta Kekayaan Negara, masing-masing memberikan pemahaman tentang tugas Kemenkeu.

Mattaro pun mencontohkan cara mengajar para relawan Kemenkeu.

“Anak-anak semua sudah pernah lihat jembatan. Para siswa menjawab pernah. Sebelum dibangun jembatan itu, tentunya tempat tersebut adalah sungai. Namun masyarakat kesulitan melewati atau menyeberang sungai, sehingga biasanya menggunakan perahu bambu, maka pemerintah berupaya untuk membuat jembatan tersebut,” ujarnya. 

“Anak-anak..jembatan kalian lewati enak atau tidak, para siswa menjawab enak. Pada waktu dibikin jembatan itu tentunya menggunakan uang, dari mana uangnya berasal, tentunya dari Kemenkeu. Inilah yang kami berikan pemahaman lebih dalam lagi tentang tugas-tugas keuangan kepada para siswa SD,” jelas Mattaro.

Kata Mattaro, dua SD tersebut dipilih berdasarkan seleksi oleh tim, maka terpililah SDN 1 Lolu dan SD Inpres 6 Lolu, karena dua sekolah ini memupunyai prestasi yang cukup membanggakan.

“Sasaran Kemenkeu mengajar bukan hanya di sekolah ini terus, tetapi akan berganti-ganti. Karena kegiatan ini merupakan program setiap tahun dalam menyambut Hari Oeang,” ungkapnya.

Mattaro berharap para siswa SD sedini mungkin dapat memahami dan menumbuhkan kesadaran terhadap tugas dan fungsi Kemenkeu.

“Para relawan Kemenkeu Mengajar ini adalah pekerja aktif Kemenkeu. Mereka diturunkan untuk mengajar sebanyak 40 orang sesuai dengan jumlah kelas di SDN 1 Lolu dan SD Inpres Lolu,” tambahnya.

Dalam menyambut Hari Oeang, Kemenkeu Sulteng juga menggelar bakti sosial, donor darah, gerak jalan, beragam lomba serta penilaian kantor terbaik, satuan kerja paling tertib dan OPD yang paling efisien. 

Berita ini dimuat di Koran Harian Metrosulawesi atau dan di website http://harian.metrosulawesi.com Edisi No 998 Thn III /  24 Oktober 2017

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.