Saturday, 25 November, 2017 - 11:50

Kepala SDN 15 Palu: Butuh Persiapan Maksimal Jadi Pengawas

Kepala SD Negeri 15 Palu, Nunuk. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala SD Negeri 15 Palu, Nunuk dalam waktu dekat akan bertugas sebagai pengawas sekolah di Kota Palu. Menurutnya, menjadi pengawas butuh persiapan yang maksimal.

“Menjadi kepala sekolah berbeda dengan pengawas, menurut saya pengawas ini diatas dari kepsek, karena tugas pengawas membutuhkan strategi dalam memajukan penyelenggaraan pendidikan,” jelas Nunuk belum lama ini.

Nunuk jauh-jauh hari telah menyiapkan diri untuk menjabat sebagai pengawas sekolah dengan sejumlah agenda. Nunuk mengatakan sebagai pelaksana teknis fungsional di bidang pengawasan bidang akademik dan manajerial sangat membutuhkan persiapan yang maksimal.

“Pengawas inilah yang memiliki andil yang sangat dominan dalam penyelenggaraan pendidikan, diantara tugas mereka adalah supervisi akademik, sebagai fungsi pembinaan dan pengembangan kemampuan profesional guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan bimbingan di sekolah. Hal tersebut dapat dilaksanakan melalui kegiatan tatap muka atau non tatap muka,” jelasnya.

Sementara kata Nunuk, supervisi manajerial atau pengawasan manajerial merupakan fungsi yang berkenaan dengan aspek pengelolaan sekolah yang terkait langsung dengan peningkatan efisiensi dan efektifitas sekolah mencakup perencanaan, koordinasi, pelaksanaan, penilaian, pengembangan kompetensi sumber daya tenaga pendidik, dan kependidikan.

“Dalam melaksanakan fungsi supervisi manajerial, pengawas sekolah berperan sebagai fasilisator, asesor, informan, dan evaluator. Sebagai fasilisator, pengawas sekolah menciptakan lingkungan yang kondusif untuk mendukung proses perencanaan, koordinasi, dan pengembangan tata kelola sekolah,” katanya.

Nunuk menjelaskan evaluator pengawas sekolah memberikan penilaian terhadap berbagai aspek yang mempengaruhi kualitas manajerial sekolah.

“Sejauh ini saya sudah menyiapkan diri, Insya Allah dapat berjalan dengan baik,” ungkap Nunuk.


Editor : M Yusuf Bj

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.