Saturday, 25 November, 2017 - 11:39

Ketua Aspeta Minta Perusahaan Tambang Ditindak Jika Masih Ada yang Enggan Bayar Pajak

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palu mengungkap masih banyak perusahaan tambang di daerah ini yang enggan melaksanakan kewajibannya membayar pajak. Terkait hal ini, Ketua Asosiasi Pengusaha Tambang (Aspeta) Sulawesi Tengah meminta agar pihak terkait menindak tegas para pengusaha tambang itu.

Berdasarkan data di Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulawesi Tengah, ada 5 wilayah izin usaha pertambangan (WIPU) di wilayah Kota Palu dan Kabupaten Donggala yang terdaftar, dengan jumlah eksplorasi masing-masing 5 di Kota Palu dan 14 di Kabupaten Donggala. Sebanyak 40 yang beroperasi produksi di Kota Palu, dan 54 operasi produksi di Kabupaten Donggala.

Dari jumlah itu, terdapat Rp519 juta lebih potensi penerimaan PBB pertambangan gali c yang terdaftar pada Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang berdasarkan surat keputusan Kepala KPP Pratam Palu. Namun yang teralisasi hanya sekitar Rp144 juta lebih di tahun ini. (Selengkapnya di edisi cetak Selasa, 31 Oktober 2017)

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.