Sunday, 22 July, 2018 - 13:04

Kodim 1306 Donggala Bedah Rumah Pemulung

BEDAH RUMAH - Komandan Kodim (Dandim) 1306 Donggala Letkol Kav I Made Maha Yudikasa bersama personel Kodim 1306 Donggala, melakukan bedah rumah milik pemulung agar layak huni, Jumat 30 Maret 2018. (Foto: Eddy/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Beberapa waktu lalu, warga Kota Palu dihebohkan dengan berita miris di media sosial, tentang kehidupan seorang pria tua yang bernama Lili bin Roja'i. Kala itu kondisi pemulung itu sedang sakit dan tinggal di rumah yang tidak terurus.

Berita tersebut mengundang keprihatinan Komandan Kodim (Dandim) 1306 Donggala Letkol Kav I Made Maha Yudikasa. Dia  memerintahkan Danramil di wilayah itu untuk mencari tahu kebenaran berita itu. Benar saja melalui Babinsanya Letkol Kav I Made Maha Yudikasa mendapatkan informasi dan langsung mengunjungi rumah pria kelahiran Sukabumi Tahun 1948 itu.

Betapa terkejutnya perwira dengan dua melati di pundaknya itu, saat melihat kehidupan dan rumah tempat tinggal Lili Bin Roja'i, yang sudah ditinggalinya sejak tahun 1979, dengan hidup menduda bersama enam anak dan tiga cucunya yang sakit-sakitan. Walau berada di tengah Kota Palu, rumah tersebut sangat jauh dari kata layak huni. Rumah tersebut sempit dan pengap. Sangat jauh dari kata layak huni.

Melihat hal itu, spontan Dandim 1306 Donggala Letkol Kav I Made Maha Yudikasa, langsung memerintahkan personilnya untuk melakukan bhakti sosial bedah rumah terhadap rumah milik Lili Bin Roja'i, Jumat 30 Maret 2018.

Dandim mengatakan, bedah rumah tersebut bisa dikatakan aksi spontan dari Kodim 1306 Donggala, saat mendapatkan info ada masyarakat yang kondisi kesehatan dan rumahnya sangat memprihatinkan.

Selaku Dandim 1306 Donggala, dirinya yang sejak awal sudah menyampaikan kepada seluruh prajurit Kodim, untuk senantiasa mencari dan menemukan setiap kesulitan rakyat di sekitarnya, dan  kemudian dibantu memecahkan kesulitan tersebut, memerintahkan Danramil untuk mengecek sekaligus mendata kebutuhan untuk merehab rumah warga.

“Keprihatinan kami terhadap masyarakat miskin adalah panggilan jiwa yang harus disahuti segera. TNI harus hadir untuk rakyat. Apalagi ini masuk wilayah teritorial saya. Dan program ini juga sejalan dengan program dari komando atas, yaitu program bhakti TNI untuk membantu masyarakat di wilayah,” ungkapnya.

Made juga mengatakan bahwa rumah tersebut, dibongkar seluruhannya, dan akan dibangun dari awal dengan menyesuaikan keadaan bangunan. Dan rencananya akan dibangunkan semi permanen dengan membuat ruang terbuka, sehingga ada ruang yang akan menjadi sirkulasi udara sehat dan layak huni.

Mengetahui data kependudukan keluarga tersebut belum terurus dan masih menggunakan data lama, dirinya langsung berkordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini Pemerintah Kota Palu, untuk mengupayakan datanya diperbaharui secepatnya agar bisa mendapatkan layanan sosial dan kesehatan dari pemerintah.

“Iya kami langsung berkordinasi dengan pemerintah setempat, untuk  kembali memperbaharui data keluarga tersebut, agar secepatnya mendapatkan bantuan dari pemerintah,” ucapnya.

Untuk biaya bedah rumah itu sendiri, Dandim mengatakan bahwa sebagian besar dari Kodim 1306 Donggala, dan selebihnya dari beberapa komunitas sosial yang ada di kota Palu.

“Mudah-mudahanan program bedah rumah ini, dapat meringankan beban hidup yang dialami oleh keluarga Bapak Lili,” tambahnya.

Sementara itu Lurah Besusu Barat Abdul Halim S.Sos yang juga ada di lokasi bedah rumah bersama dengan Kepala Dinas Sosial Kota Palu Musliman, kepada Metrosulawesi mengatakan, saat ini pihaknya sedang berupaya untuk memperbaharui data kependudukan keluarga Lili Bin Roja'i, agar bisa mendapatkan layanan sosial dan kesehatan dari pemerintah.

Syarif, anak ketiga dari Lili Bin Roja'i mengaku bersyukur atas Bantuan Pihak Kodim 1306 Donggala yang telah melakukan bedah rumah, menurutnya sejak rumahnya berdiri 25 Tahun lalu, baru kali di mendapatakan bantuan untuk memperbaiki (Rehab).

“Syukur keluarga kami dibantu, 25 tahun kami tinggal di sini, baru ini mendapatkan bantuan langsung dari pemerintah, semoga kebaikan bapak Dandim, dan tentara yang sudah  rehab rumahnya, mendapatkan balasan dari tuhan,” ucapnya dengan mata berkaca.
 

Editor: Udin Salim