Thursday, 29 June, 2017 - 08:20

Kompetisi Matematika, Siswa MIM Al Haq Optimistis Torehkan Prestasi di Makassar

OPTIMISTIS - Sebanyak 13 Siswa MIM Al Haq Palu bersama Kepala MIM Al Haq, di sekolahnya, Jumat 17 Februari 2017. Mereka akan mengikuti kompetisi matematika di Makassar. (Foto : Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Sebanyak 13 siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Al- Haq Palu bersiap mengikuti kompetisi matematika ke XVII di Makassar. Kegiatan yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa  Matematika, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar ini diikuti pelajar dari sejumlah provinsi di kawasan timur Indonesia.

Kepala MIM Al Haq Palu Musafir mengatakan kompetisi matematika ini dilaksanakan selama tiga hari, 25-27 Februari 2017. Siswa yang mengikuti kompetisi matematika ini telah diberikan pembinaan sejak tiga minggu yang lalu.

“Sehingga mereka semua sudah siap untuk mengikuti lomba, selama pembinaan mereka telah diberikan materi yang akan diperlombakan diantaranya, meteri operasi hitung pada bilangan, kemudian bilangan pangkat, geometri, pengukuran, perbandingan, dan skala pecahan serta materi lainya,” ujar Musafir kepada Metrosulawesi di ruang kerjanya Jumat, 17 Februari 2017.

Kata dia, para siswa yang mengikuti kompetisi matematika ini terdiri dari kelas IV, V dan VI, mereka yang akan berkompetisi ini, siswa yang terpilih telah diseleksi oleh pihak sekolah.

Adapun 13 siswa siswi yang lolos seleksi yakni, Cinta Raisisya Aulia, Rafida EL Islamy, Nabila Ockta Ramadhani, Putri Sheratade, Ismail Dwi Muh. Anugerah, Randi Pratama Husain, Muh. Thoriq Tufail, Muh. Taufiqh, Aulia Zyaka Aurora, Ratu Balgiis, Zharatun Nisa Rizki Awalyah, Abd. Aziz Tri Irza Saputra, dan Kirani Tirta Kencana.

Musafir mengaku bahwa siswanya pertama kalinya, mengikuti kompetisi matematika yang diikuti oleh seluruh siswa di Indonesia bagian timur tersebut, sehingga diharapkan ada sebagian siswanya masuk di peringkat 10 besar.

“Namun kami tetap optimis untuk menampilkan yang tebaik pada event matematika ini, karena kami juga membawa nama baik sekolah kemudian membangakan Kota Palu, khususnya dan Provinsi Sulawesi Tengah,” ungkapnya.

Musafir mengatakan pelaksanaan lomba ini juga atas dukungan dari orang tua siswa, sehingga partisipasi pembiayaan orang tua siswa ke masing-masing siswa, sebagian ditanggung dari orang tua siswa.

“Kami juga berterimakasih dengan orang tua siswa, atas dukungan dan kepercayaan orang tua siswa ke pihak sekolah untuk meningkatkan prestasi para siswa, dalam bentuk bakat apapun,” katanya.

Kata Musafir, para siswa nanti akan mengikuti lomba di Baruga A.P Pettarani Unversitas Hasanudin (Unhas) dan Gedung Pertemuan Ilmiah Unhas, kemudian tempat penginapan di perumahan keluarga MIM Al Haq Palu.

“Kami merencanakan akan mengunakan pesawat untuk berangkat, tidak memakai kendaraan empat roda, atau mobil, karena para siswa rata-rata mabuk di mobil, sehingga kami memilih jalur udara, persiapan yang dilakukan saat ini telah matang, sehingga para siswa semua sudah siap untuk berkompetisi,” terangnya.

Musafir mengatakan pelaksaan lomba ini akan menghasilkan pengalaman bagi siswa, sehingga dalam perlombaan kompetisi matematika lainya tidak ragu lagi, kemudian juga jika menang dalam perlombaan tersebut, kemungkinan akan ada hadiah uang tunai, tropi dan piagam penghargaan.

Sementara itu salah satu siswa yang mengikuti lomba tersebut yakni Aulia Zyaka Aurora mengungkapkan optimis akan mendapatkan peringkat yang pertama dalam perlombaan kompetisi matematika tersebut.

“Karena dari jauh sebelumnya, kami di sekolah terus diberikan bimbingan materi terkait dengan matematika, kemudian juga saya sangat menyukai pelajaran matematika, sehingga jika materi yang diberikan sama dengan di pelajari di sekolah, tentunya saya optimis meraih peringkat pertama dalam kompetisi tersebut,” ujarnya.

Kata dia, ini adalah kali pertama melaksanakan kompetisi matematika ini, namun dia akan berusaha untuk membangakan kedua orang tua, sekolahnya, serta berusaha menampilkan yang terbaik pada ajang tersebut.


Editor : Syamsu Rizal

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.