Thursday, 23 November, 2017 - 06:26

Kota Palu Kekurangan Guru SD

Asri. (Foto : M Yusuf Bj/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Sekretaris Daerah Kota Palu Asri mengatakan berdasarkan data guru saat ini, jenjang SD mengalami kekurangan guru sebanyak 100 orang lebih, sementara guru di SMP mengalami kelebihan sekitar 100 orang.

“Bahkan guru Bahasa Inggris yang mengajar di SMP kelebihan 29 guru, dengan total guru secara keseluruhan kurang lebih 100. Sementara jenjang SD terjadi kekurangan guru,” kata Asri di Palu, Selasa, 14 Juli 2017.

Asri mengatakan Pemerintah Kota Palu saat ini berupaya untuk mencari solusi mengatasi kekurangan guru SD ini.  Kata dia, jika diperkenankan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, maka guru SMP sebagian akan dialihkan ke SD.

“Namun persoalanya saat ini guru mempunyai sertifikasi, maka tentunya jika pindah ke SD  sertifikasinya harus menyesuaikan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, kata Asri, karena rencana pemerataan guru ini telah disetujui oleh Wali Kota Palu, maka pihaknya telah memerintahkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu untuk melakukan konsultasi ke Kemendikbud RI.

“Maka kami meminta di jenjang SD itu, ada muatan lokal mata pelajaran bahasa Inggris. Jika usulan ini diperkenankan, maka tentunya guru Bahasa Inggris 29 orang ini akan kami alihkan ke tingkat SD,” ujarnya.

Asri mengatakan hal ini juga memberikan keuntungan bagi para siswa SD, karena sebelum masuk SMP, para siswa telah mempunyai dasar atau bekal Bahasa Inggris.

Berita ini dimuat di Harian Metrosulawesi Edisi No 890 Thn III / 05 Juli 2017. Track seluruh berita Edisi ini di Metrosulawesi Digital

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.