Monday, 23 July, 2018 - 08:21

Kouta Haji Touna Bertambah Jadi 44 Orang

Ampana, Metrosulawesi.com - Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Tojo Una-Una yang siap berangkat ke Tanah Suci tahun 2018 ini, sebanyak 44 orang. Semuanya telah melunasi BPIH.

Menurut Kepala Kemenag Kabupaten Tojo Una-Una, Dr Nasruddin L Midu, yang mendaftar tahap pertama awalnya hanya 38 orang. Kemudian, ada satu CJH batal berangkat karena sakit. Sehingga yang siap diberangkatkan semuanya 37 orang.

"Yang batal tidak bisa diganti, kecuali yang meninggal dunia. Sekarang ini, segala sesuatunya terkait keberangkatan sudah oke semua," kata Nasruddin belum lama ini.

Namun terjadi perubahan. Touna mendapat penambahan kuota sebanyak 7 orang. Maka dari 160 lebih yang belum mendaftar, disilakan mendaftar. Sehingga dengan adanya penambahan itu, maka total CJH Touna yang diberangkatkan tahun ini sebanyak 44 jamaah.

"Insya Allah, ke-44 jamaah dari Touna tidak ada kendala apa-apa hingga hari H keberangkatan tiba,"ujar Nasruddin.

Dia menambahkan, calon jamaah haji dari Touna diberangkatkan ke Kota Palu dulu, sebelum bertolak ke embarkasi Balikpapan menuju Tanah Suci. Dan jika tak ada aral melintang, CJH Touna terbang ke Tanah Suci pada 1 Agustus mendatang.

"Harapan terbesar saya kepada CJH Touna, semoga tetap istitho'ah (mampu fisik dan materi) sejak dari sini hingga pulang sebagai haji mabrur," katanya.

Diakui Nasruddin, manasik haji di tingkat kabupaten sudah dilakukan pihaknya. Meski anggarannya lambat turun, tapi pihaknya berinisiatif tetap menggelar manasik. Tujuannya supaya seluruh CJH memahami secara utuh tata cara pelaksanaan haji.

"Bagi CJH yang mungkin masih ada yang perlu ditanyakan terkait keberangkatan, silakan ke Kemenag Touna. Kami siap melayani," pungkas Nasruddin. 


Editor: Syamsu Rizal