Thursday, 20 September, 2018 - 20:35

KPK Harap Sulteng Barometer Pencegahan Korupsi

BAHAS PENCEGAHAN KORUPSI - Gubernur Sulteng H Longki Djanggola saat menerima kunjungan Koordinator Regional IV Bidang Pencegahan Korupsi KPK Triganarefa di Ruang Kerjanya, Rabu, 11 Juli 2018. (Foto: Humas Pemprov)

Palu, Metrosulawesi.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengharapkan Provinsi Sulteng menjadi salah satu daerah barometer pencegahan korupsi. Harapan ini disampaikan Koordinator Regional IV Bidang Pencegahan Korupsi KPK Triganarefa saat kunjungan kerja di Kantor Gubernur Sulteng, Rabu, 11 Juli 2018.

“Semoga Provinsi Sulteng dapat menjadi contoh untuk pemerintah daerah lainnya dalam pencegahan tindak pidana korupsi,” ujar Triganarefa.

Kunjungan kerja Triganarefa ke Sulteng dalam rangka monitoring dan memperkenalkan aplikasi rencana aksi  pencegahan korupsi. Dalam kunjungan tersebut Triganarefa diterima langsung oleh Gubernur Sulteng H Longki Djanggola di Ruang Kerjanya.

“Saya ucapkan terima kasih atas penerimaan bapak gubernur dalam kunjungan kerja kami untuk melakukan monitoring sekaligus silahturahmi dan melihat kemajuan capaian pencegahan korupsi di Sulteng,” ucapnya.  

Menurut penuturan Triganarefa, Provinsi Sulteng sudah menunjukkan perkembangan yang positif dengan capaian yang telah dilaksanakan dalam pencegahan tindak pidana korupsi. Hanya saja kata dia hal tersebut belum dituangkan dalam pelaporan rencana aksi pencegahan korupsi.

Olehnya Triganarefa mengungkapkan aplikasi monitoring yang akan diterapkan KPK secara nasional untuk mengetahui sudah sejauhmana capaian pemerintah daerah melaksanakan pencegahan korupsi dalam bidang pengelolaan anggaran, perencanaan dan pelaksanaan anggaran. 

Selain itu untuk mengetahui capaian optimalisasi peningkatan pendapatan daerah bidang pengadaan, peningkatan kinerja PNS BPMD terkait dana desa, serta pengelolaan aset bidang perijinan dan pengawasan.

Menanggapi harapan Triganarefa, Gubernur Longki mengatakan pemerintahan yang dipimpinnya sangat konsen dan serius melaksanakan kegiatan maupun rencana aksi pencegahan tindak pidana korupsi di Sulawesi Tengah.

“Saya juga mengharapkan agar pencegahan korupsi dapat terwujud melalui tata kelola pemerintahan yang baik,” ucap Longki. 

 

Editor: M Yusuf Bj

Tags: