Monday, 23 July, 2018 - 14:14

KPK Pantau Tata Kelola Keuangan Sulteng

Ranu Mihardja (tengah) saat konferensi pers di Gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Rabu 10 Agustus 2016. (Foto : Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI melakukan koordinasi dan supervisi (Korsup) tata kelola Pemerintah Provinsi  Sulawesi Tengah khususnya di bidang keuangan. Hal ini dilakukan dalam rangka pencegahan penyimpangan pengelolaan keuangan daerah.

Demikian dikatakan Deputi Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat KPK Ranu Mihardja saat konferensi pers di Gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulteng, Rabu 10 Agustus 2016.

Ranu mengatakan pihaknya dan BPKP Sulteng akan mengawal keuangan Sulawesi Tengah.

"KPK dan BPKP Sulteng akan mengawal keuangan daerah ini dengan sistem berbasis elektronik," ungkapnya.

Kata dia, dengan menerapkan sistem tata kelola berbasis elektronik di Sulteng, dapat mencegah kemungkinan penyimpangan yang mengarah ke korupsi.

"Jadi koordonasi supervisi ini membangun sistem. Tinggal nanti KPK dan BPKP mengontrol. Tapi dengan adanya sistem, tidak serta merta tidak korupsi, mungkin saja ada," tuturnya.

Menurutnya, sistem yang dibangun melalui elektronik akan dipantau secara berkelanjutan. Hal ini untuk memastikan sistem bekerja dengan baik.

"Tapi saya melihat komitmen pak gub untuk mewujudkan tata kelola keuangan baik sangat serius, itu terbukti dengan raihan opini WTP laporan keuangan 2015 dari BPK," tandasnya.

Sementara itu, Gubernur Sulteng H Longki Djanggola mengungkapkan pihaknya siap mendapat pengawasan dari KPK dan BPK.

"Sebagai pemerintah daerah, kami harus mendukung upaya KPK mewujudkan pemerintahan yang baik di Sulawesi Tengah," ucap gubernur.


Editor : M Yusuf BJ

Tags: