Sunday, 27 May, 2018 - 01:19

KPPT Wilayah II Dispenda Sulteng Tersangka

ILUSTRASI - Pajak Kendaraan Bermotor. (Foto : Google)

Dugaan Korupsi PKB dan SWDKLLJ

Palu, Metrosulawesi.com – Kepala Pos  Pelayanan Teknis (KPPT) Wilayah II Kabupaten Parigi Moutong Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Sulawesi Tengah, Sujarton D Kuntuamas, ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah.

Asisten Pidana Khusus, Sudirman Syarif, mengatakan, pihaknya sedang mengusut dugaan penyelewengan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ) PT Jasa Raharja Dispenda Provinsi Sulawesi Tengah pada kantor pelayanan Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2013.

Sudirman menuturkan, sudah tiga orang ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara tersebut, yakni Kepala Pos Pelayanan Teknis Wilayah II Kabupaten Parigi Moutong Dispenda Provinsi Sulteng berinisial SK, petugas koletor atau bendahara pembantu penerima berinisial H dan petugas penetap pada UPTD Wilayah II Kabupaten Parimo berinisial AR.

“Ketiganya sudah ditetapkan sebagai tersangka,” katanya.

Ia mengatakan, penyidik tindak pidana khusus telah memperoleh bukti permulaan yang cukup bahwa telah terjadi tindak pidana korupsi dalam dugaan penyalahgunaan PKB dan SWDKLLJ PT Jasa Raharja Dispenda Sulteng pada kantor pelayanan Kabupaten Parimo Tahun 2013. Hasil penyelidikan tersebut kemudian dapat ditingkatkan ke tahap penyidikan dengan tiga orang tersangka.

Modus operandinya adalah tersangka tidak menyetorkan uang PKB (SWDKLLJ) itu kepada negara. Padahal, para wajib pajak selalu menyetorkan uangnya kepada mereka (tersangka), tapi mereka tidak setorkan uang itu kepada negara. Jadi, unsur korupsinya ada di sini, dengan jumlah kerugian negara sekitar Rp 1 miliar.


Editor : Alfred Lande