Saturday, 25 November, 2017 - 11:46

KPU Akan Kerjakan Sendiri Pelipatan Surat Suara

Agussalim Wahid. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com – Pelipatan surat suara calon walikota dan wakil walikota Palu akan dilakukan sendiri oleh sekretariat KPU Kota Palu dari tenaga pendukung yang juga berada di sekretariat, dengan pengawasan langsung dari Panwascam guna menjaga kerahasian dari surat suara tersebut.

Hingga ini, surat suara masih dalam proses pencetakan beserta logistik yang lain. Direncanakan, 23 sampai 26 November logistik tersebut tiba di Palu. Menurut Divisi Perencanaan, Keuangan Logistik, Umum, Rumah Tangga dan Organisasi KPU Palu Agussalim Wahid, sortir dan pelipatan surat suara calon walikota dan wakil walikota Palu, hanya akan melibatkan Sekretariat KPU Kota Palu.

“Untuk pelibatan masyarakat dalam pelipatan surat suara, masih akan dibicarakan kembali bersama komisioner dan secretariat tetap akan dilibatkan, tetapi hal tersebut masih akan dibicarakan kembali. Siapa saja yang akan dilibatkan. Karena ini butuh tingkat kehati-hatian menjaga kerahasian surat suara,” kata Agus, melalui sambungan telepon, Minggu (15/11/2015).

Lebih lanjut, Agus mengungkapkan jika logistik sudah tiba, maka langsung dilakukan sortir dan pelipatan. Ditaregetrkan untuk pekerjaan ini akan memakan waktu selama satu minggu. Sebelum proses ditribusi, KPU terlebih dahulu akan melakukan pengepakan.

“Proses ini melibatkan KPPS, untuk menghitung sendiri surat suara didampingi masing-masing PPL masing-masing. Kita akan berkoordinasi dengan teman dari Panwaslih, agar melakukan pengawasan secara berjenjang,” ujar Agus.

KPU Palu juga menetapkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada gubernur dan wali kota sebanyak 621 buah tersebar di 46 kelurahan dari delapan kecamatan. Yakni Palu Timur, Palu Utara, Palu Barat, Palu Selatan, Ulujadi, Tatanga, Taweli dan Mantikulore. Sementara surat suara jumlahnya bertambah karena ada ketambahan dari DPTb-1.


Editor : Subandi Arya

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.