Monday, 23 July, 2018 - 14:05

KPU Donggala Selesaikan Temuan DPT Ganda

DPT - Terkait dengan temuan masyarakat dan  salah satu tim Paslon bupati dan wakil bupati Donggala  tentang Daftar Pemilih Tetap (dpt) yang ganda membuat masyarakat resah. (Foto: Bayu/ Metrosulawesi)

Donggala, Metrosulawesi.com - Simpang siurnya informasi terkait Daftar Pemilih tetap (DPT) ganda ditangapi oleh Ketua KPU Donggala, melalui Rakor di Aula Kantor KPU Donggala, Senin 25 Juni 2018.

Temuan DPT yang ganda ditangapi beragam oleh berbagai pihak. Maka dari itu KPU Donggala melalui Rakor bersama Panwas Donggala, Polres Donggala, Ketua Tim Pemenangan Paslon dan semua pihak terkait, menanggapi hal itu agar tidak terjadi kesimpang siurang dikalangan bawah.

Ketua KPU Donggala Moh Saleh mengakui adanya NIK ganda pada nama lain, tapi jumlahnya sekitar 2.228 DPT tidak seperti isu yang berkembang sebanyak 7.000. Hal ini sudah diselidiki dan ditangani untuk dilakukan akurasi data.
 
Lanjut Saleh, hal ini terjadi karena kekeliruan pengimputan data. Pasalnya, sistem pengimputan yang digunakan saat ini adalah Sidali dua, berbeda dengan Sidali satu yang digunakan pada saat Pilpres dan Pilgub yang tidak membaca jika ada data yang ganda, sementara Sidali dua tetap membaca walaupun ada data yang ganda.

Pihaknya berharap sistem tersebut menghapus dengan sendirinya jika ada data yang ganda, tapi itu tidak  terjadi. Ia menambahkan, saat ini pihaknya mengunakan Sidali tiga, tapi hal itu sama saja. Persoalan ini tidak hanya terjadi hanya di kabupaten donggala, tapi juga di Parigi dan bahkan semua Kabuapaten yang melaksanakan pemilihan umum.

Dengan begitu, KPU Donggala mengatasinya dengan mengirim data ganda disemua kecamatan untuk dilakukan pencoretan pada nama yang sama. 
  
“Tidak ada unsur kesengajaan, ini terjadi karena kesalahan sistem. Saya bersyukur kepada pasangan calon yang sudah menemukan persoalan ini sebelum pemilihan. Jika ini terjadi pada saat selesai pemilihan maka ini menjadi persoalan besar," tutupnya.


Editor: Elwin