Monday, 23 July, 2018 - 19:32

KPU Morowali Cetak 93.235 Surat Suara

Kantor KPU Morowali. (Foto: Murad Mangge/ Metrosulawesi)

Morowali, Metrosulawesi.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU ) Morowali segera mencetak kurang lebih 93.235 ribu lembar jumlah kartu surat suara untuk Pilkada Morowali. Sesuai tahapan Pilkada serentak 2018, voting day dilaksanakan pada  pada 27 Juni 2018.

Ketua KPU Morowali Wahyudin Abd Wahid mengungkapkan, percetakan kartu surat suara diperoleh melalui cara lelang dengan sistim e-Proochmant atau sistim lelang menggunakan standar e-Katalog dan pemenang lelang PT PURA Kudus.

"Kartu surat suara akan dicetak tanggal 15 Mei 2018 dan jadwal pencetakannya memakan waktu 4 hari sampai dengan pengepakan. Logistik hasil cetakan itu diperkirakan akan sampai di gudang KPU Morowali tanggal 1 juni 2018," ujar Wahyudin, Minggu 13 Mei 2018.

Untuk memastikan tepat jumlah, tepat waktu dan tepat sasaran KPU bersama Panswas dan Polres Morowali sudah melakukan koordinasi.

Harga e-Katalog surat suara hanya Rp400,- persurat suara untuk 4 paslon, maka dilakukan kontrak tersendiri antara pemenang lelang dan KPU Morowali dan menyepakati harga surat suara Rp406 ribu rupiah yang harganya jauh dari segi anggaran logistik KPU Morowali.

"Harga itu tidak ada persoalan, oleh karena standar yang digunakan sudah ada disaat belum terbit sisitim e-Katalog," sambung Wahyudin.

Pengajuan anggaran ke Pemda Morowali berdasarkan standar harga Rp5000 perlembar, sehingga KPU Morowali akan mengembalikan sisah anggaran kebutuhan surat suara ke Pemda.

"Kehawatiran KPU terjadi keterlamabtan pengirim surat suara ke gudang KPU, diakibatkan letak geografis sangat jauh dan surat suara ini akan di distri busi melewati kontainer kerja sama pihak Pos dan PT PURA Kudus," katanya.

KPU Morowali kerjasama denga Polres Morowali memantau proses pendistribusian dari pabrik pencetakan sampai ke gudang KPU. Dijadwalkan tanggal 10 Juni sudah rampung seluruhnya.

"PT PURA Kudus juga ikut mencetak segel beserta buku panduan KPPS dan proses pengiriman akan bersamaan dengan surat suara.Insya Allah jika tidak ada halangan seluruh logistik Pilkada Morowali H-3 voting day sudah didistribusikan ke TPS, sehingga disaat plaksanaan voting day tidak ada lagi masalah," urai Ketua KPU Morowali.


Editor: Elwin