Saturday, 22 September, 2018 - 14:40

KPU Palu Gelar Rekapitulasi Suara

Marwan P Angku. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Hari ini, Kamis (17/12/2015) Pukul 09.30 Wita Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu bakal menggelar rekapitulasi suara pemilihan wali kota dan wakil wali kota Palu (pilwali). Rekapitulasi suara tersebut akan dilaksanakan hingga 23 Desember 2015.

Demikian diungkapkan Ketua KPU Kota Palu, Marwan P. Angku, diruang kerjanya. Selasa (15/12/2015). Dia mengatakan saat ini Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah selesai melakukan rekapitulasi suara pilwali.

“Secara umum, tidak ada permasalahan besar dalam rekapitulasi perhitungan suara manual tersebut. Hanya persoalan kesalahan penjumlahan pada saat rekapitulasi. Namun hal itu sudah diperbaiki. Kemarin, sudah lima kecamatan  yang selesai. Dan dipastikan saat pelaksanaan rekapitulasi di tingkat Kota Palu, semua rekapitulasi suara di kecamatan sudah selesai," jelas Marwan.

Marwan menegaskan kesalahan penjumlahan tersebut sama sekali tidak terkait dengan jumlah perolehan suara pasangan calon.

"Perselisihan angka tersebut hanya berupa penjumlahan saja, bukan suara pasangan calon. Suara tersebut dijaga dari tingkat KPPS hingga rekapitulasi kecamatan. Jadi yang terjadi hanya pelanggaran administrasi saja, tetapi sudah diperbaiki. Soal hasil, KPU menjamin tidak ada yang manipulasi," ungkapnya.

Ditemui di tempat berbeda, Divisi Teknis KPU Kota Palu, Zatriawati mengungkapkan pihaknya telah siap melaksanakan rekapitulasi. Namun dia menghimbau agar saksi para calon walikota dan wakil walikota serta gubernur dan wakil gubernur untuk hadir sebelum pelaksanaan rekapitulasi dimulai.

“Sesuai jadwal, rekapitulasi di tingkat Kota Palu hanya dilaksanakan selama dua hari yaitu 17 dan 18 Desember 2015. Setelah itu dilanjutkan ke rekapitulasi di tingkat provinsi," katanya.


Editor : M Yusuf BJ