Friday, 24 November, 2017 - 22:28

KPU Palu Laksanakan Tiga Kali Debat Kandidat

Kantor KPU Kota Palu. (Foto : Metrosulawesi/Henny Arman) 

Durasi Debat 90 Menit

Palu, Metrosulawesi.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu akan melaksanakan tiga kali debat kandidat untuk pemilihan wali kota dan wakil wali kota Palu 9 Desember 2015. Debat yang dilakukan sebanyak tiga kali tersebut diharapkan dapat membantu pasangan calon dalam mensosialisasikan dirinya kepada masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Divisi Teknis KPU Palu, Zatriawati, Senin (5/10/2015) saat ditemui Metrosulawesi di ruangannya. Menurutnya, hingga saat ini persiapan untuk debat kandidat telah selesai dilakukan. 

“Debat pertama kami laksanakan pada 15 Oktober. Persiapannya kami tinggal menunggu komunikasi kami dengan pihak televisi. Intinya, persiapan kami telah mencapai 85 persen. Jadi debat pertama kami lakukan pada 15 Oktober, debat kedua 10 November dan debat ketiga kami laksanakan 30 November,” katanya.

“Kami belum bisa memberitahukan tempat pelaksanaannya dimana. Yang jelas kami akan laksanakan di salah satu hotel di Palu,” tambahnya.

Zatriawati menjelaskan bahwa moderator debat kandidat juga telah disiapkan oleh pihaknya. 

“Intinya kami masih akan mengundang tim pasangan calon untuk menyampaikan susunan acara, pembagian waktu, dan moderator yang akan kami gunakan. Jadi kami akan menyampaikan secara resmi terlebih dahulu kepada pasangan calon. Kami akan jelaskan terkait teknis debat, termasuk aturan main dalam debat,” katanya.

Lanjutnya, durasi debat kandidat pemilihan wali kota dan wakil wali kota Palu akan dilaksanakan selama 90 menit. 

“Rundown atau susunan acara debat kandidat juga telah selesai kami susun. Dan pertanyaannya pun sudah selesai, namun masih berada pada tim pakar,” katanya.

Sementara itu, menjelaskan bahwa berdasarkan PKPU, ada enam isu yang akan dibahas dalam debat kandidat. 

“Dari enam isu yang ditetapkan PKPU, kami hanya mengambil tiga tema yang akan dibahas. Jadi setiap debat ada satu isu atau tema yang akan dibahas,” katanya. 

“Tanya jawab juga akan dilakukan antar kandidat. Itupun kami tidak mengetahui siapa yang akan saling bertanya, karena itu dalam ranah tim pakar yang menentukan. Tema debat telah tercantum dalam susunan acara debat yang segera akan kami sampaikan kepada masing-masing paslon,” katanya.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.