Thursday, 16 August, 2018 - 20:12

KPU Parimo Akhirnya Terima Berkas Bacaleg Berkarya

Anggota Panwaslu Parimo, Iskandar Mardani. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Parimo, Metrosulawesi.com – Akhirnya Partai Berkarya dapat mengikuti Pemilu 2019 setelah sebelumnya ditolak oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), karena terlambat mengembalikan berkas hasil perbaikan. Diterimanya berkas Berkarya setelah dilakukan mediasi oleh Panwaslu Kabupaten Parimo.

“Partai Berkarya yang mengalami keterlambatan penyetoran dokumen perbaikan kepada KPU Parimo, karena ruas jalan mengalami buka tutup, sehingga mengalami keterlambatan yang menyebabkan KPU menolak berkas mereka," Anggota Panwaslu Parimo, Iskandar Mardani, selaku Devisi Hukum, Penanganan dan Pelanggaran, Rabu 8 Agustus 2018.

Dia mengatakan, bertepatan penolakan berkas Partai berkarya, partai tersebut mengajukan permohan sengketa kepada Panwaslu Parimo. Namun, saat itu belum adanya berita acara yang dikeluarkan oleh KPU Parimo.

Menurut iskandar, dalam penyelesaian sengketa itu harus sesuai dengan Peraturan Bawaslu Nomor: 18 tahun 2018, bahwa perkara tersebut harus memiliki objek sengketa, dalam bentuk surat keputusan maupun berita acara.

Setelah dilakukannya mediasi tersebut, didapatkan titik temu, dengan kesepakatan KPU Parimo (termohon) bersedia mengabulkan permohonan Partai Berkarya (pemohon) untuk seluruhnya, membatalkan berita acara penolakan dokemun hasil perbaikan syarat bakal calon anggota DPRD Parigi Moutong dalam Pemilu 2019 Nomor : 310/PP.04.1-BA/7208/KPU/VIII/2018.

Selain itu, KPU Parimo juga tidak memberikan ruang untuk perbaikan lagi, karena berkas Partai Garuda diterima sudah melewati ambang batas perbaikan yang telah ditetapkan.

“Pada saat ada kesepakatan dalam mediasi, berkasnya langsung diambil KPU. Jika misalkan ada berkas yang tidak lengkap, maka KPU menganggap itu tidak memenuhi syarat, itu ada dalam perjanjian. Jadi berkasnya tetap diterima, tetapi untuk perbaikan tidak adalagi," pungkasnya.


Editor: Elwin