Friday, 17 August, 2018 - 17:20

KPU Parimo Mulai Sortir Surat Suara

SORTIR - KPU Parimo melakukan penyortiran surat suara Pilkada 2018. (Foto: Zoel Fahry/ Metrosulawesi)

Parimo, Metrosulawesi.com - Sesuai dengan jadwal, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) mulai melakukan penyortiran surat suara yang sudah diterima dari perusahaan percetakan.

Komisioner KPU Parimo, Haris, pada Metrosulawesi Senin 28 Mei 2018 mengatakan,  yang melakukan penyortiran surat suara tersebut  dari masyarakat, rata-rata dari tenaga honorer yang ada di KPU Parimo, serta sejumlah siswa yang pernah melakukan Pendidikan Sistem Ganda (PSG), di KPU Parimo.

Pensortiran dilakukan sejak Senin  28 mei 2018. Yang pertama dilakukan yakni memastikan apakah surat suara yang diterima tersebut sesui dengan spesifikasi yang dikirim KPU ke perusahaan percetakan atau tidak, kemudian langsung dilakukan pelipatan.

"Spesimen ini diantaranya, harus sesuai dengan desain yang sudah dikerjakan sama-sama KPU dengan tim Paslon, mulai dari warna, kualitas, gambar, dan lainnya," ujarnya.

Haris mengatakan, terkait surat suara yang tidak sesuai dengan spesimen, akan dipisahkan kemudian dikembalikan, dan dilakukan proses penggantian oleh pihak percetakan.

"Beberapa lembar kita lihat itu warnanya kabur, ada sembilan item surat suara ini yang dikategorikan tidak sesuai spesimen, salah satunya berlubang panjang secara horisontal atau fertikal akibat proses percetakan," jelasnya

Haris Menambahkan, bahwa di targetkan kegiatan pensortiran surat suara ini selama tiga hari kedepan,dimana jumlah secara keseluruhan surat suara yang dicetak itu 305.472 lembar dan ditambah cadangan 2000 lembar sehingga, total surat suara yang dicetak adalah 307.472.

"Karena surat suara ini kita terima dalam bentuk dos, sehingga yang diterima 153 dos, jadi hari ini kita targetkan 51 dos harus diselesaikan, kemudian dalam satu dos itu isinya rata-rata 2000 lembar," pungkasnya. 


Editor: Elwin