Saturday, 18 August, 2018 - 20:05

KPU Parimo Umumkan Samsurizal Bupati Terpilih

SERAHKAN - Saat penandatanganan hasil putusan rekapitulasi pemungutan suara pada saksi paslon SABAR dan saksi Paslon Era Baru. (Foto: Zoel Fahry/ Metrosulawesi)

Parimo, Metrosulawesi.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) mengumumkan hasil rekapitulasi pemungutan suara  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018, Kami 5 Juli 2018.

KPU memutuskan dan menetapkan hasil rekapitulasi perhitungan surat suara yakni pasangan Samsurizal Tombolotutu-Badrun Nggai (SABAR) nomor urut 1 dengan perolehan 99.048 suara, Erwin Burase-Rahmawati M Nur (Era Baru) 46.521 suara dan Amrullah Almahdali-Yufni Bungkudapu (AMIN) 75.841.
 
Ketua KPU Parimo, Amelia Idris mengatakan, bagi calon yang tidak menerima hasil keputusan KPU,  diberi ruang untuk menggugat ke Mahkamah Konstitusi sejak dilakukan penetapan penghitungan suara.

"Diberi ruang untuk melakukan gugatan ke MK, dan waktu diberikan selama tiga hari untuk melakukan gugatan di MK, atau dimulai sejak di umumkan hasil rekapitulasi pemungutan suara,” ujar Amelia.

Terkait dengan saksi Paslon nomor 3 yang tidak menerima putusan rekapitulasi di KPU Parimo, Amelia mengatakan, itu hak dari saksi paslon nomor 3, akan tetapi semua proses mereka suda ikuti.

Amelia menambahkan, berkaitan dengan partisipasi masyarakat, Pilkada ini jauh lebih baik dari pada partisipasi masyarakat pada Pilgub lalu.

"Pilgub partisipasi masyarakat parimo hanya 69 persen, sementara Pilbup tahun 2018 ini partisipasi masyarakat naik 74 persen. Ini kesuksesan kita bersama juga hasil kerjasama dengan teman-teman pers yang juga membantu kami sebagai penyelenggara dalam mensosialisasikan Pelaksanaan Pilkada serentak. Kami berterima kasih kepada pihak-pihak terkait yang turut berpartisipasi dalam mensukseskan Pilkada Kabupaten Parimo,” pungkasnya.


Editor: Elwin