Saturday, 22 September, 2018 - 15:54

KPU RI: Teguran DKPP Jadi Pertimbangan Penetapan Anggota KPU

Hasyim Asy’ari. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap 10 orang calon anggota KPU Provinsi Sulawesi Tengah periode 2018-2023, Jumat 4 Mei 2018.

Komisioner KPU RI, Hasyim Asy’ari, kepada Metrosulawesi mengatakan, semua aspek menjadi bahan pertimbangan bagi KPU RI menentukan siapa yang bakal ditetapkan. Dari semua aspek itu, integritas menjadi poin tertinggi untuk dipertimbangkan.

Semua informasi yang masuk ke KPU RI menjadi instrumen bagi KPU dalam mengambil keputusan. Teguran dari Dewan Kehormatan Penyelenggaran Pemilu (DKPP) juga tak luput dari penilaian KPU RI.

“Integritas menjadi catatan tertinggi kami. Sebab, KPU ingin komisioner yang lolos nanti benar-benar bisa langsung bekerja,” tegas Hasyim Asy’ari.

Lanjut Hasyim, uji kelayakan dan kepatutan ini untuk mengkonfirmasi hasil penilaian dari Tim Seleksi (Timsel). Ada 10 nama, ada rangkaian penilaian-penilaian dari KPU pusat, karena KPU provinsi nanti menjadi bagian dari KPU RI.

“Karena nanti menjadi jajaran KPU pusat, maka KPU pusat ingin memastikan profil calon seperti apa. Inilah tujuan dilakukan uji kepatutan dan kelayakan,” kata Hasyim sesaat usai menguji 10 orang calon komioner KPU Sulawesi Tengah.

Hasyim juga mengakui soal catatan dari DKPP semua diklarifikasi. Semua punya pengaruh, tetapi semua aspek juga menjadi bahan penilaian. Soal keputusan KPU RI nanti tentunya akan diplenokan berdasarjab hasil uji kepatutan dan kelayakan.

“Kalau pengalaman dan pengetahuan bisa dilatih. Tapi kita ingin orang-orang yang lulus nanti semuanya bisa langsung bekerja,” tegasnya.

Sementara itu, Ivan Yudartha, yang merupakan salah satu calon komisioner KPU Sulawesi Tengah mengakui bahwa dirinya banyak dipertanyakan soal latar belakang dirinya, khususnya saat masih menjadi Panwas.

Pengetahuan kepemiluan juga dipertanyakan kepadanya. Suasana uji kepatutan dan kelayakan diakuinya berjalan dengan lancar, sehingga seluruh pertanyaan dari KPU RI dapat dijawab seluruhnya.

10 orang calon anggota KPU Sulawesi Tengah menjalani uji kepatutan dan kelayakan satu-persatu, dihadapan dua orang anggota KPU RI, Hasyim Asy’ari dan Viryan Aziz. Tidak heran bila kegiatan itu berakhir hingga sore hari. Sebab, rata-rata peserta diuji kurang lebih 30 menit.