Sunday, 24 September, 2017 - 16:26

KPU Sulteng Segera Usulkan Anggaran Pilkada 7 Kabupaten Kota

ILUSTRASI - KPU-Pilkada langsung. (Grafis : Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah (Sulteng) segera mengajukan usulan anggaran pemilihan kepala daerah di tujuh kabupaten kota agar masuk dalam APBD Sulteng 2015. Rencananya, pekan depan KPU Sulteng akan melakukan pertemuan dengan Gubernur Sulteng Longki Djanggola.

Komisioner KPU Sulawesi Tengah Muhammad Ramlan Salam mengungkapkan, anggaran pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati tidak hanya dianggarkan di APBD kabupaten yang akan menggelar pilkada, namun juga di APBD provinsi.

Menurutnya, meski bukan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, namun KPU provinsi juga membutuhkan anggaran untuk membiayai kegiatan yang sekaitan dengan pilkada secara langsung di tujuh kabupaten kota, tahun depan. Penganggaran pilkada adalah tanggung jawab pemerintah daerah, bukan APBN

“Provinsi juga harus siapkan dana untuk KPU Sulteng karena ada kegiatan yang terkait dengan pilkada di tujuh kabupaten kota di Sulteng,” kata Ramlan Salam, Kamis (6/11/2014).

Dia mencontohkan, anggaran KPU Sulteng untuk supervisi, koordinasi serta konsultasi ke KPU RI selama tahapan pilkada. “Kan tidak bisa KPU kabupaten kota langsung berkoordinasi ke KPU RI tanpa melalui KPU provinsi,” jelasnya.

Jika anggaran di KPU kabupaten kota digunakan untuk berkoordinasi langsung ke KPU RI, maka bisa menjadi temuan BPK. Tahun anggaran 2013, kata Ramlan Salam, ada beberapa KPU kabupaten kota yang menggunakan anggarannya untuk berkoordinasi langsung ke KPU RI akhirnya menjadi temuan BPK.

“Ada contoh, KPU kabupaten kota disuruh oleh BPK kembalikan dana yang digunakan konsultasi ke KPU,” katanya.

Oleh karena itu, anggaran untuk supervisi, koordinasi serta konsultasi terkait pilkada harus diadakan di KPU Sulteng melalui anggaran di APBD Sulteng.

“Jumlah yang dibutuhkan mungkin sekitar Rp1 miliar. Rencananya, pekan depan KPU Sulteng akan melakukan pertemuan dengan Gubernur Sulteng terkait penganggaran itu,” katanya.

Diketahui, tujuh daerah di Sulteng yang akan menggelar pilkada tahun depan yakni Palu, Sigi, Poso, Tojo Unauna, Banggai Laut, Morowali Utara, dan Tolitoli. Pilkada digelar secara langsung berdasarkan Perppu Nomor 1 Tahun 2014.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.