Sunday, 22 July, 2018 - 12:57

Kuota Haji Tolitoli Berkurang

Ilustrasi. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Tolitoli, Metrosulawesi.com - Kuota calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Tolitoli tahun ini berkurang dibandingkan tahun lalu yang mencapai 249 orang. Data CJH  tahun 2018 di Kantor Kemenag Tolitoli hanya 206 orang yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci tahun ini.

Kepala Bidang Penerimaan CJH Kemenag Tolitoli Hj Nurhayati ditemui di ruangannya, Kamis 29 Maret 2018 mengakui adanya penurunan jumlah CJH asal Tolitoli tahun ini.

"Calon jamaah haji tahun ini mengalami penurunan jika dibanding tahun sebelumnya, kita juga belum tahu persis apa permasalahannya," kata Nurhayati.

Dikatakan, kuota CJH yang diberikan dari Kemenag kepada Provinsi Sulawesi Tangah secara keseluruhan sebanyak 2.000 orang. Kuota tersebut selanjutnya dibagi-bagi ke kabupaten kota se Sulteng.

CJH  yang akan diberangkat ke tanah suci tahun ini paling banyak perempuan. Mereka yang sejak dari tahun 2011 sudah melakukan pendaftaran.

Kemenag Tolitoli belum menerima surat resmi dari Kemenag pusat soal batas akhir pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). Namun sudah ada pemberitahuan awal bahwa batas akhir pelunasannya sampai 20 April 2018. Saat ini CJH masih diberi kesempatan untuk melakukan pelunasan biaya naik haji atau BPIH. 

 

Editor: Syamsu Rizal